Pengertian Produktivitas, Ruang Lingkup, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Posted on

Pengertian Produktivitas, Ruang Lingkup, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap – Dalam Wikipedia, Produktivitas adalah istilah dalam aktivitas produksi sebagai perbandingan antara output dengan input. Untuk lebih jelasnya, kali ini kami akan mengulas definisi, ruang lingkup dan faktor yang mempengaruhi dari produkditivas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Studinews.co.id dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Produktivitas

Produktivitas adalah ratio ouput daripada dengan input fisik. Hal ini serign dikaitkan dengan industri-industri secara menyeluruh pada sektor-sektor dalam suatuh perekonomian.

Definisi lain dari produktivitas adalah rasio dari hasil yang dicapai dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk mendapatkan sesuatu.

Pengertian Produktivitas Menurut Para Ahli
Pengertian Produktivitas, Ruang Lingkup, Faktor Yang Mempengaruhi

1.Vincen Gasverz (1998: 19)

Pengertian produktivitas menurut Vincen Gasverz adalah suatu kombinasi dari efektivitas dan efisiensi keberhasilan yang dipandang dari dua sisi sekaligus yaitu sisi input dan output.

2.Encyclopedia Britania (dalam Sedarmayanti 2001:56)

Pengertian produktivitas ekonomi menurut Encyclopedia Britania adalah hasil yang dicapai dengan pengorbanan yang dikeluarkan untuk menghasilkan sesuatu.

3.National Productivity Board (NPB)

Pengertian produktivitas menurut NPB adalah sikap mental yang mempunyai semangat untuk melakukan peningkatn perbaikan.

4.Peter F Drucker

Pengertian produktivitas menurut Peter F Drucker adalah keseimbangan antara seluruh faktor-faktor yang akan memberikan keluaran yang banyak melalui pengeluaran yang lebih hemat.

5.Webster

Pengertian produktivitas menurut Webster adalah keluaran fisik per uni dari usaha produksi dengan tingkat efektivitas dari manajemen industri dalam penggunaan fasilitas produksi, serta tingkat efektivitas dari penggunaan tenaga kerja dan peralatan.

6.Jackson Grayson

Pengertian produktivitas menurut Jackson Grayson adalah sesuatu yang diperoleh melalui kegiatan tertentu dari sesuatu yang dimaksudkan.

7.Paul Mali

Pengertian produktivitas menurut Paul Mali adalah ukurang yang menyatakan beberapa efisien sumber yang digunakan bersama didalam organisasi untuk memperoleh sekumpulan hasil.

Ruang Lingkup Produktivitas

David J Sumanth menyatakan terdapat empat ruang lingkup produktivitas, antara lain yaitu:

Ruang Lingkup Nasional
Produktivitas pada lingkungan nasional dimanfaatkan sebagai indeks pertumbuhan, utamanya produktivitas tenaga kerja. Kenaikan produktivitas nasional tenaga kerja menunjukkan jumlah barang dan jasa yang tinggi per pekerja daripada sebelumnya, menjadikan adanya potensi pendapatan secara nyata per pekerja yang tinggi. Negara yang memiliki tingkat upah yang tinggi lebih cenderung memiliki produktivitas tenaga kerja yang tinggi pula.

Ruang Lingkup Industri
Faktor-faktor yang mempengaruhi dan berkaitan dikategorikan dalam kelompok industri yang sama, seperti industri penerbangan, minyak, baja, pendidikan, kesehatan, transportasi dan lain sebagainya.

Adanya pengukuran pada produktivitas memiliku kelebihan, yaitu sebagai berikut:

  • Menjadi indikator ekonomi
  • Menjadi analisis tenaga kerja yang mencakup perubahan pemanfaatan tenaga kerja, proyeksi tenaga kerja masa yang akan datang, pengaruh teknologi dan lain sebagainya.
  • Menjadi analisis unjuk kerja perusahaan dengan perbandingan industri yang sama.
  • Menjadi peramalan pola pertumbuhan industri dan keadaan masa yang akan datang.

Ruang Lingkup Perusahaan atau Organisasi
Dalam sebuah perusahaan atau organisasi terdapat pengaruh hubungan antara faktor produksi yang diciptakan bisa diukur dan bisa dibandingkan dengan kondisi sebelumnya atau dibandingkan dengan perushaaan lainnya untuk meraba efisiensi perusahaan tersebut.

Kemampuan keuntungan, tingkat pengembalian modal, atau terpenuhinya anggaran bisa memberikan ukuran bagaimana semua sumber diolah bisa memberikan ukuran bagaimana sumber-sumber diolah untuk sampai pada output.

Ruang Lingkup Perseorangan
Produktivitas perseorangan ditetapkan oleh lingkungan kerja dan juga tersedianyan alat, proses,dan perlengkapan. Yang mana nantinya akan muncul faktor baru yang tidak bisa diukur seperti motivasi. Motivasi sangat terpengaruh oleh kelompok yang mana individu termasuk, pengaruh kelompok dengan kelompok lain, dan alasan mengapa seseorang bekerja.

Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas

Pada umumnya, menurut Sumanth (1985:25) terdapat 12 faktor yang menjadi pengaruh naik turunnya produkvitas yaitu:

  • Investasi. Besar kecilnya akan menjadi penentu modal usaha dan akan berpengaruh kepada usaha untuk mempromosikan produk, market share atau pemakaian kapasitas.
  • Rasio kapital buruh, jika rasio tinggi bisa juga dimaknai bahwa perusahaan menggunakan teknologi tinggi, menjadikan jumlah produksi per unit waktu mengalami peningkatan.
  • Penelitian dan pengembanga, dengan menghasilkan inovasi-inovasi yang bisa menjadi perbaikan kondisi produksi di pabrik
  • Pemakaian Kapasitas, besar kecilnya keluaran per jam ditetapkan oleh presentase penggunaan kapasitas.
  • Peraturan pemerintah, bermanfat sebagai pengatur keseimbagan pencapaian sasaaran industri dan sasaran sosial yang umumnya selalu bertentangan.
  • Umur pabrik dan peralatan, tingkat rata-rata umur pabrik dan alat-alat yang semakin tinggi menjadi tanda terdapatnya usaha modernisasi peralatan masih terus dilakukan.
  • Ongkos energi
  • Kerja kelompok, dengan terdapatnya pergeseran struktur pekerja dari pekerja pabrik, menjadi pekerja yang mengandalakan pengetahuan maka semakin diperlukan yaitu kerjasama, keterampilan dan keahlian.
  • Etika kerja, penghargaan kepada waktu semakin tinggi, menjadikan penggunaan waktu harus se-produktif mungkin
  • Ketakutan pekerja terhadap kehilangan pekerjaannya.
  • Pengaruh serikat buruh, pengaruh serikat sangat tinggi menjadikan membutuhkan adanya pengertian utamanya dalam tuntutan kenaikan gaji.
  • Manajemen, adalah faktor penting dan dominan terutama pada proses perencanaan dan penjadwalan, kejelasan instruksi pada tenaga kerja dan pengaturan beban kerja yang tepat.

Itulah yang bisa saya jelaskan tentang Pengertian Produktivitas, Ruang Lingkup, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: