19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Setelah pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui pengertian keluarga, bentuk, fungsi, ciri-ciri dan lain sebagainya. Kali ini kami akan mengulas tentang pengertian keluarga dilihat dari sudut pandang pendapat para ahli yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber. Agar lebih rincinya mari kita simak penjelasan dibawah ini.

19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian keluar dengan seksama.

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari keluarga yang dibahas oleh ahlinya.

1. Bailon Dan Maglaya (1978)

Bailon dan Maglaya mengemukakan pengertian keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Saling berinteraksi satu dengan yang lain, memiliki peran masing-masing dan menciptakan juga mempertahankan suatu budaya.

2. Duvall dan Logan (1986)

Duvall dan Logan mengemukakan pengertian keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertankan budaya dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional dan sosial setiap anggotanya.

3. UU. No.52 Tahun 2009 Pasal 1 ayat 6 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan

UU. No. 52 Tahun 2009 mengemukakan pengertian keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas suami istri, atau suami, istri dan anaknya, atau ayah dengan anak (duda) atau ibu dengan anaknya (janda)

4. Raisner

Raisner mengemukakan pengertian keluarga adalah adalah kelompok yang dua orang atau lebih masing-masing mempunyi hubungan kekerabatan yang terdiri dari bapak, ibu, kakak, dan nenek.

5. Spradley dan Allender

Spradley dan Allender mengemukakan pengertian keluarga adalah satu atau lebih yang tinggal bersama, sehingga mempunyai ikatan emosional dan mengembangkan dalam interelasi sosial, peran dan tugas

6. Gillis

Gillis mengemukakan pengertian keluarga adalah sebagaimana sebuah kesatuan yang kompleks dengan atribut yang dimiliki tetapi terdiri dari beberapa kompoen yang masing-masing mempunyai sebagaimana individu

7. BKKBN (Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional)

BKKBN mengemukakan pengertian keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri atau suami istri dan anak-anaknya atau ibu dan anak-anaknya.

8. Wikipedia

Wikipedia mengemukakan pengertian keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadan saling ketergantungan.

9. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian keluarga adalah ibu dan bapak beserta anak-anaknya.

10. Departemen Kesehatan RI (1998)

Departemen Kesehatan RI mengemukakan pengertian keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan

11. Salvicion dan Celis (1998)

Salvacion dan Celis mengemukakan pengertian keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterkaitan aturan dan emosional dan setiap individu memiliki peran masing-masing

12. Sayekti (1994)

Sayekti mengemukakan pengertian keluarga adalah satu ikatan atau persekutuan atas dasar perkawinan antara orang dewasa yang berlainan jenis yang hidup bersama atau seseorang laki-laki atau perempuan yang sudah sendirian dengan atau tanpa anak baik anak sendiri atau adopsi yang tinggal dalam sebuah rumah tangga

13. Effendy (2005)

Effendy mengemukakan pengertian keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan

14. UU. No.10 Tahun 1992

UU. No.10 Tahun 1992 mengemukakan pengertian keluarga adalah unit terkecil dari masyarat yang terdiri dari suami-istri atau suami-istri dan anaknya atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya.

15. Narwoto dan Suyanto (2004)

Narwoto dan Suyanto mengemukakan pengertian keluarga adalah lembaga sosial dasar dari mana semua lembaga atau pranata sosial lainnya berkembang.

16. Sigmund Freud

Sigmund Freud mengemukakan pengertian keluarga adalah pada dasarnya keluarga terbentuk karena adanya perkawinan pria dan wanita. Keluarga adalah manifestasi dari pada dorongan seksual sehinga landasan keluarga itu adalah kehidupan seksual suami istri.

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

17. Padila (2012)

Padila mengemukakan pengertian keluarga adalah Keluarga berasal dari bahasa sanksekerta kulu dan warga atau kuluwarga yang artinya anggota kelompok kerabat.

18. Wall (1986)

Wall mengemukakan pengertian keluarga adalah sebagai du atau lebih, yang disatukan oleh ikatan emosional dan kebersamaan, serta mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian dari keluarga.

19. Friedman (1998)

Friedman mengemukakan pengertian keluarga adalah sebagai suatu sumber sistem sosial.

Itulah telah dijelaskan tentang 19 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.