√ 12 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

12 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap – Bagi anda yang sedang mengenyang pendidikan khususnya jurusan IPS atau Sosiologi, pasti akan akan menemukan yang namanya globalisasi. Globalisasi memang salah satu bahasan yang menarik dan termasuk penting untuk dibahas. Disini akan dibahas apa itu globalisasi menurut para ahli-ahli sosial. Simak penjelasannya dibawah ini.

12 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap

Globalisasi berasal dari bahasa Inggris yakni Globalization, kata globalization dipecah menjadi dua kata yaitu global yang berarti universal atau meluas dan lization yang berarti suatu proses. Dapat kita simpulkan secara garis besar bahwa kata Globalisasi mempunyai arti sebagai proses pelebaran unsur-unsur baru yang meliputi informasi, gaya hidup, teknologi, budaya dan lain sebagainya tanpa ada batasan suatu negara. Berikut ada beberapa ahli sosial yang mendefinisikan Globalisasi, siapa saja mereka dan bagaimana menurut mereka tentang Globalisasi? Berikut penjelasannya.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian globalisasi menurut para ahli yang sudah terangkum dengan lengkap disini.

1. David Held (1999)

Beliau mengatakan bahwa globalisasi bisa dianggap sbg sekumpulan proses yang dapat mewujudkan transformasi organisasi spasial transaksi & hubungan sosial.

2. Anthony Giddens

Menurutnya globalisasi merupakan suatu hubungan sosial yang mendunia sehingga mampu menghubungkan antara kejadian yang terjadi di satu lokasi dengan lokasi yang lain dimana keduanya mengalami perubahan.

Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

3. Achmad Suparman

Diterangkan olehnya bahwa globalisasi merupakan suatu proses sesuatu perilaku atau benda sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa ada batasan wilayah.

4. Laurence E. Rothernberg

Globalisasi ialah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara perusahaan, masyarakat (orang-orang) dan pemerintah dari berbagai negara.

5. Roland Robertson

Globalisasi merupakan penempatan dunia dan intensifikasi kesadaran dunia atas suatu kesatuan.

6. Wikipedia.org

Proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

7. Martin Albrow

Dijelaskan olehnya bahwa globalisasi adalah keseluruhan proses penduduk yang terhubung kedalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

8. Thomas Larsson

Menurutnya globalisasi adalah suatu proses penyusutan dunia sampai semua hal menjadi makin dekat sehingga manusia dan seluruh aspeknya dengan mudah berinteraksi.

9. Selo Soemardjan

Globalisasi menurutnya adalah sebuah proses terbentuknya suatu sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang berada di seluruh dunia yang bertujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

10. Edison A. Jamli dkk

Globalisasi ialah sebuah proses yang muncul dari sebuah gagasan, yang kemudian ditawarkan agar diikuti oleh bangsa lain yang pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama dan menjadi panutan bersama bagi bangsa-bangsa yang berada di seluruh dunia.

12 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap

11. Emanuel Ritcher

Didefinisikan olehnya globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat dimana mereka sebelumnya berpencar dan terisolasi yang nantinya akan saling memiliki ketergantungan dan mampu mewujudkan persatuan dunia.

12. John Huckle

Globalisasi merupakan suatu proses dengan kejadian, kegiatan dan keputusan di salah satu belahan dunia yang berubah menjadi suatu konsekuensi yang signifikan untuk seluruh masyarakat di daerah yang jauh sekalipun.

Baca Juga:  Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup, Manfaat Terlengkap

Uraian diatas adalah kumpulan 12 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap yang bisa anda jadikan referensi untuk mengartikan apa makna dari globalisasi tersebut. Para ahli diatas mendifinisikan globalisasi dari riset yang mereka jalani. Jika kita perhatikan dengan seksama, semua makna dari para ahli diatas mengacu pada satu garis lurus atau mempunyai makna yang sama.

Semoga artikel ini bermanfaat buat para pembaca sekalian, mohon maaf jika ada salah kata arau ada yang kurang berkenan. Terimakasih telah berkunjung.

5 (100%) 10 votes