√ 25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap – Seiring perkembangan zaman saat ini, seni memiliki banyak sekali pengaruhnya bagi kehidupan semua orang. Seperti pepatah orang dulu yang mengatakan bahwa, “seni adalah nafas dari sebuah kehidupan”, ini berarti tidak adanya seni maka hidup seorang manusia akan terasa hambar. Karena hal tersebutlah, maka StudiNews.co.id mencoba untuk memapaparkan info mengenai pengertian seni dari beberapa pendapat para ahli. Di bawah ini hasil dari pemaparannya.

25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian seni menurut para ahli dengan lengkap

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian seni dari beberapa ahli di dunia

1. Ahdian Karta Miharja

Seni ialah segala bentuk kegiatan batin yang melukiskan kenyataan dalam satu karya, wujud dan isi di dalamnya memiliki daya guna membangkitkan pesona tertentu bagi setiap yang menyukainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Artikulasi, Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

2. Alexander Baum Garton

Seni merupakan semua wujud keindahan yang memiliki tujuan baik guna pecinta seni merasa bahagia.

3. Aristoteles

Menyatakan bahwa seni ialah contoh dari setiap alam, namun bersifat harus yang paling terbaik.

4. Chatrin Muler

Seni adalah sebuah yang berkaitan dengan hasil karya seseorang yang dihasilkan dari suatu rasa.

5. Dra.Nuning Y. Damayanti, Dipl. Art

Seni mulanya merupakan satu proses dalam rohani seorang individu, yang menjadikan suatu ilmu seni. Seni dapat dirasakan lewat kreativitas dan ragam ekspresi dari seorang individu.

6. Drs. Popo Iskandar

Seni adalah hasil luapan emosi individu yang ingin diberitahu pada banyak orang,  melakukan dengan sengaja dan sadar untuk hidup dalam satu kelompok.

7. Drs. Rizki Akhmad Zaelani

Kata seni merupakan suatu kata yang semua masyarakat mengetahuinya. Meskipun, penafsirannya berbeda-beda.

8. Drs. Sudarmaji

Seni ialah semua wujud pengalaman batin dengan media sebagai penghubungnya, dapat dihubungkan ke semua bidang seni seperti; seni pahat, seni vokal, dan seni lukis. Seni dapat juga berarti luapan perasaan dari seorang ahli seni tentang Tuhan.

9. Erik Ariyanto

Seni merupakan aktivitas kerohanian yang diwujudkan ke dalam bentuk karya guna membangkitkan sebuah rasa yang dimiliki seseorang bisa lewat indera penglihatan maupun indera pendengaran.

10. Ensiklopedi Indonesia

Mengenai seni yang merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang bahagia guna melihat ataupun mendengarkan.

11. Everyman Encyklopedia

Seni sebagai satu hal yang bisa dibuat seorang individu, serta itu terjadi bukan karena adanya kebutuhan primer, namun karena keinginan kerohaniannya.

12. Immanuel Kant

Seni itu wujud dari yang peluapannya tidak akan  jauh dari kenyataan dan peniru dari keadaan alam sekitar.

Baca Juga:  34 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli Terlengkap

13. Ira Adriati, M.Sn

Seni merupakan sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

14. Irma Damayanti, M.Sn

Menurutnya seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

15. Harry Sulastianto

Seni budaya sebagai satu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide dan pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

16. Herbert Read

Seni ialah suatu aktivitas yang dapat melahirkan wujud-wujud apapun yang membuat orang lain senang.

17. J. J Hogman

Seni adalah sebuah rasa yang memiliki sisi aktivitas, ide, dan gagasan.

18. Ki Hajar Dewantara

Seni ialah hasil dari keindahan yang bisa menggugah  rasa satu individu mengenai keindahan siapa saja yang melihatnya. Karenanya, apapun yang dilakukan seseorang dapat melahirkan rasa mengenai keindahan itu yang disebut dengan seni.

19. Kottak

Seni sebagai hasil karya, luapan emosi, atau keindahan alam dengan semua yang dapat melebihi nilai aslinya

20. Leo Tolstoy

Seni merupakan harapan sebab gagasan-gagasan yang tidak bisa mengungkapkan suatu kenyataan.

21. Padmapusphita

Seni asalnya dari bahasa Belanda yaitu “genie”, bahasa Latinnya ialah “genius”, yang artinya satu keahlian khusus yang dipunyai atau telah ada sejak lahir. Sedangkan dari kajian ilmu di Eropa, kata seni berarti artivisual yakni sebuah media yang menunjukkan kajian dari ilmu tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Unsur, Fungsi & Strukturnya

25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap

22. Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai sisinya.

23. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Seni merupakan segala kegiatan batin dengan pengalaman keindahan yang menyatakan dalam wujud yang Esa dan mempunyai rasa puas.

24. Sartono Kartodirdjo

Seni ialah satu sistem yang berkesinambungan, sebab dapat mengaplikasikan komunikasi secara tepat dan baik, yakni lewat unsur yang dapat ditunjukkan secara global.

25. Schopenhauer

Seni bisa berupa usaha untuk melahirakan satu wujud yang bisa membuat  orang bahagia. Seni bisa berupa wujud yang tak terlihat kasat mata seperti seni musik, seni tari, dan seni rupa apapun yang membuat semua orang bahagia.

Demikianlah pembahasan mengenai 25 Pengertian Seni Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca StudiNews.com. Terima kasih.

5 (100%) 10 votes