√ 8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada zaman modern sekarang ini, siapa yang tidak mengenal internet? Mulai dari anak-anak sampai orang tua telah mengenal dunia internet. Bahkan banyak diantaranya yang menganggap bahwa internet sudah menjadi bagian dari kehidupan dan kebutuhan sehari-hari. Melalui internet, banyak yang bisa melakukan browsing, searching tentang berbagai kebutuhan, baik ilmu pendidikan, wisata kuliner, media online, facebook, twitter, instagram, email dan lain sebagainya. Lalu apa sih yang dimaksud dengan internet? Berikut studinews.com merangkum beberapa penjelasannya menurut pendapat para ahli.

8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian internet menurut para ahli dengan seksama.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Internet merupakan singkatan dari Interconnection-Networking. Adapun penjelasan internet akan dikemukakan oleh para ahli berikut ini.

1. Lani Sidharta (1996)

Beliau memandang bahwa internet secara fisik merupakan interkoneksi antar jaringan computer. Sedangkan secara umum Internet dipandang sebagai sumber daya informasi. Dimana internet berisikan sebuah informasi, dapat dibayangkan internet sebagai suatu database multimedia yang sangat lengkap. Bahkan Internet juga dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir semua aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti halnya bisnis, kuliner, hiburan, olahraga, politik dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Email, Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis & Manfaat

2. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Mereka mengemukakan internet sebagai jaringan yang saling terhubung satu sama lain yang dapat disakses oleh seluruh jaringan pada computer.

3. O’Brien (2003)

Menurutnya internet ialah jaringan pada computer yang berkembang pesat dari jutaan pendidikan, bisnis dan jaringan pemerintahan yang saling terkait dengan jumlah pengguna lebih dari dua ratus Negara.

4. Allan (2005)

Menjelaskan internet sebagai sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protocol komunikasi tertentu yang disebut IP (Internet Protocol ) dan TCP (Transmission Control Protocol).

5. Turban, Rainer dan Potter (2005)

Mereka mengartikan tentang internet sebagai suatu jaringan yang besar yang dapat menghubungkan jaringan pada computer baik dari organisasi dan bisnis, organisasi pemerintahan, maupun sekolah-sekolah di seluruh dunia dengan cara langsung dan cepat.

6. Sibero (2011)

Menjelaskan internet sebagai suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer secara global atau bisa juga disebut sebagai jaringan alam, yakni suatu jaringan yang amat luas.

7. Oetomo (2002)

Menjelaskan internet sebagai jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer itu terdiri dari beberapa jaringan- jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain dan jaringan tersebut bisa mencakup seluruh dunia.

8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli Lengkap

8. Sarwono (2012)

Berpendapat bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan yang berskala global. Tidak ada satu pun orang, kelompok maupun organisasi yang bertanggung jawab untuk menjalankan internet. Internet pada awalnya digunakan hanya untuk keperluan militer hingga akhirnya menjadi massal untuk keperluan sipil dan hiburan.

Itulah beberapa pengertian internet yang dapat kita ketahui, semoga artikel mengenai 8 Pengertian Internet Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membaca. Sekian terimakasih.

Baca Juga:  √ Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap
5 (100%) 6 votes