√ Pengertian Aqidah Islam, Dasar dan Tujuannya Terlengkap

Posted on

Pengertian Aqidah Islam, Dasar dan Tujuannya Terlengkap – Untuk umat muslim tentu aqidah merupakan salah satu hal sangat penting bagi dirinya, seberapa pentingkah aqidah islam dalam hidupnya? Untuk menemukan jawabannya mari kita bahas dulu pengertian, dasar dan tujuan aqidah islam terlebih dahulu.

Pada kenyataannya, masih sangat banyak orang yang belum mengerti apa itu aqidah islam. Agar lebih lebih jelas, mari kita langsung mulai pembahasan mengenai aqidah islam.

Pengertian Aqidah Islam, Dasar dan Tujuannya Terlengkap

Mari kita bahas lengkap pengertian dari Aqidah Islam terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Aqidah Islam

Secara bahasa, kata aqidah berasal dari bahasa Arab yakni (الْعَقْدُ) yang artinya ikatan. Secara istilah aqidah adalah  kepercayaan, keyakinan atau keteguhan hati yang pasti tidak ada keraguan sedikitpun. Istilah aqidah dapat digunakan dalam Islam dan biasa disebut juga dengan tauhid. Aqidah Islam ialah Meyakini dengan seyakin-yakinnya bahwa Islam adalah agama yang benar dan meyakini rukun Islam yaitu beriman kepada Allah, malaikat Allah, kitab-kitab Allah, rasul-rasul Allah, hari akhir dan percaya kepada qodho dan qodhar. Jadi, aqidah Islam merupakan sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh hati manusia sesuai ajaran Islam dengan berpedomankan pada Al-Qur’an dan Hadits.

Hasan al Banna menjelaskan aqidah dalam kitab Al-Majmu’ah ar-Rasail yakni:

Hasan al Banna

Artinya: “Akidah adalah beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hatimu dan mendatangkan ketentraman jiwamu, yang menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.”

Abu Bakar Jabir Al-Jaziry menjelaskan aqidah sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian Kejujuran, Karakteristik & Macam Sifat Jujur (Lengkap)

Artinya: “Akidah itu ialah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan akal, wahyu, fitrah dan kebenaran itu dipatrikan oleh manusia di dalam hatinya dan diyakini keshahihannya dan keberadaannya secara pasti dan ditolak segala sesuatu yang bertentangan dengan kebenaran itu.”

Adapun nama-nama lain dari aqidah Islamiyah menurut Ahlus Sunnah Wal-jama’ah diantaranya: Tauhid, As-Sunnah, Fiqhul-Akbar, Ushuludin, Al-Iman dan As-Syari’iah.

Pengertian, Dasar, Dan Tujuan Aqidah Islam Terlengkap

Dasar-Dasar Aqidah Islam

Dasar aqidah Islam adalah ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits yang merupakan sumber-sumber hokum dalam ajaran Islam. Dasar aqidah yang paling  utama adalah Al Qur’an. Segala sesuatu telah ada dalam Al-Qur’an sebagai kalamullah yang harus diyakini oleh setiap umat muslim. Setelah Al-Qur’an, dasar yang dijadikan pedoman adalah Al-Hadits atau sunnah Rasul. Untuk memahami Al Qur’an secara lebih rinci, umat Muslim diperintahkan untuk mengikuti ajaran-ajaran Rasulullah SAW, karena semua perilaku Rasulullah adalah contoh nyata yang dapat dijadikan pedoman hidup bagi setiap Muslim.

Tujuan Aqidah Islam

Adapun tujuan Aqidah Islam diantaranya:

  • Untuk memupuk dan menanamkan keyakinan tentang keesaan Allah sejak manusia dilahirkan.
  • Untuk membentuk kepribadian yang mulia serta berakhlakul karimah.
  • Untuk memperkuat diri dari segala goncangan dan hal-hal yang dapat menyesatkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Aqidah Islam, Dasar dan Tujuannya Terlengkap, semoga pembahasan diatas dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Sekian dan terimakasih 🙂

5 (100%) 5 votes