√ 3 Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

3 Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai supervisi. Namun apakah kita sudah mengetahui arti dari supervisi yang sesungguhnya?

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan diberikan penjelasan mengenai supervisi, agar dapat memberikan sebuah informasi bagi para pembaca yang membutuhkan sebuah informasi tentang supervisi, sehingga dengan membaca artikel kali ini dapat mempermudah dalam memahaminya.

Untuk itulah mari sama-sama kita mulai saja pembahasan tentang artikel kali ini, dan bagi para pembaca yang membutuhkan informasi dari artikel kali ini untuk tetap menyimak dan membaca hingga selesai artikel ini. Langsung saja kita mulai pembahasannya untuk dapat menjelaskan pengertian dari supervisi yang akan dijelaskan berikut ini.

3 Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian supervisi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Supervisi

Supervisi yang dilihat dari segi etimologis yang juga berasal dari kata super yang berartikan atas dan juga vision yang berartikan penglihatan. Oleh karena itu secara etimologis supervisi diartikan sebagai penglihatan dari atas. Akan tetapi ada pula pengertian dari supervisi secara umum ialah pengarah dan juga pengendalian pada tingkatan dari karyawan yang berada dibawahnya di dalam sebuah organisasi ataupun kelompok. Dan orang yang melakukan kegiatan supervisi pada biasanya disebut juga dengan supervisor.

Meski begitu yang disebut dengan supervisor tidak hanya seorang pejabat ataupun petugas yang melakukan pembinaan saja, akan tetapi kepala sekolah, guru hingga murid juga bisadisebut dengan supervisor. Sedangkan pengertian dari supervisi pendidikan ialah sebuah pembinaan yang berupa sebuah tuntutan ataupun sebuah pembinaan ke arah perbaikan dari situasi pendidikan dan juga meningkatkan mutu dari belajar dan mengajar.

Baca Juga:  Pengertian Supervisi, Fungsi, Jenis Kegiatan Supervisi Terlengkap

Kemudian pengertian dari supervisi klinis ialah supervisi yang hanya difokuskan kepada sebuah perbaikan pembelajaran dengan melalui siklus secara sistematis yang dimulai dari tahapan perencanaan, pengamatan dan juga analisis secara intensif terhadap sebuah penampilan dan pembelajarannya yang juga bertujuan agar dapat memperbaiki sebuah proses pembelajaran.

Sedangkan pengertian dari supervisi akademik ialah suatu rangkaian dari kegiatan agar dapat membantu pimpinan supaya dapat mengembangkan proses dari pengolahan sebuah kegiatan agar dapat mencapai sebuah target dari sebuah kegiatan itu sendiri. Selain itu ada pengertian dari supervisi berdasarkan para ahli yang akan dijelaskan berikut ini.

3 Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli Telengkap

Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli

Setelah penjelasan secara umum dari pengertian supervisi yang telah diberikan diatas, dan selanjutnya ialah sebuah penjelasan yang akan diberikan berdasarkan dari para ahli yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Ross L. 1980

Supervisi ialah sebuah pelayanan kepada guru-guru yang mempunyai tujuan untuk dapat menghasilkan perbaikan di dalam pengajaran, pembelajaran dan juga kurikulum. Ross L. Juga memandang supervisi merupakan sebuah pelayanan kepada guru-guru dengan tujuan untuk menhasilkan perbaikan.

2. Mulyasa 2006

Supervisi sesungguhnya bisa untuk dilaksanakan oleh kepala sekolah yang juga berperan sebagai seorang supervisor, akan tetapi di dalam sebuah sistem organisasi modern yang diperlukan suupervisor yang khusus dan lebih independent, serta bisa meningkatkan sebuah obyektivitas di dalam pembinaan dan juga pelaksanaan tugas.

3. Purwanto 1987

Supervisi merupakan sebuah aktivitas dari pembinaan yang juga direncanakan agar dapat membantu para guru dan juga pegawwai sekolah di dalam melakukan sebuah pekerjaan secara efektif.

Sekian penjelasan yang bisa untuk diberikan artikel kali ini mengenai 3 Pengertian Supervisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap),dengan penjelasan dari artikel kali ini semoga para pembaca bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli Terlengkap
5 (100%) 9 votes