√ Jenis-jenis Angin Beserta Alat Pengukurnya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Jenis-jenis Angin Beserta Alat Pengukurnya (Pembahasan Lengkap) – Angin yang ada di sekitar kita memberikan dampak yang baik bagi kehidupan yang ada di dunia ini khususnya bagi makhluk hidup yang hidup di dalamnya.

Jenis-jenis Angin Beserta Alat Pengukurnya (Pembahasan Lengkap)

Angin memiliki banyak jenisnya dan dapat di ukur menggunakan alat ukur tersendirinya yang memang khusus untuk dapat mengukur angin. Untuk dapat mengerti tentang apa saja jenis angin yang ada di dunia ini lengkap sebagai berikut:

Jenis-Jenis Angin

Angin di dunia ini memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

Angin laut

Angin laut ini merupakan angin yang bertiup dari laut menuju ke arah darat yang pada umumnya terjadi di siang hari pada jam 09.00 hingga pada jam 16.00. Angin jenis ini dapat di manfaatkan oleh para nelayan untuk dapat pulang ke daratan dari menangkap ikan di lautan.

Angin Darat

Angin darat ini merupakan angina yang berhembus dari darat menuju ke arah laut yang umumnya terjadi ketika malam hari seperti pada jam 20.00 hingga jam 06.00. Angin jenis ini sangat berguna bagi nelayan untuk dapat berangkat mencari ikan dengan perahu yang memiliki layar dengan memanfaatkan angin sebagai tenaganya.

Angin Lembah

Angin lembah ini merupakan angin yang berhembus dari lembah menuju kearah puncak gunung dan biasa dapat terjadi di siang hari.

Baca Juga:  √ Pengertian Angin Beserta Sifat, Proses, Dan Kecepatan Angin

Angin Gunung

Angin gunung ini merupakan angin yang berhembus dari arah puncak gunung dan dapat terjadi di malam hari.

Angin Fohn

Angin fohn ini merupakan angin yang berhembus sesuai dengan hujan Orografis. Angin jenis ini dapat berhembus di suatu wilayah yang memiliki temperature dan kelengasan yang berbeda. Angin fohn ini dapat terjadi karena adanya pergerakan masa di udara yang membuatnya naik ke pegunungan yang memiliki tinggi lebih dari 200 meter dengan naik di salah satu sisinya dan sisi yang lain turun. Angin fohn yang berasal atau turun dari puncak gunung memiliki sifat yang kering dan panas karena uap air yang ada di dalamnya telah hilang saat hujan orografis.

Angin jenis ini pada umumnya memiliki sifat panas yang dapat merusak dan dapat menimbulkan korban. Tanaman yang di lewati oleh angin ini dapat mati dan Manusia yang terkenanya akan dapat menurun daya tahan tubuhnya terhadapa penyakit yang menyerangnya.

Angin Muson

Angin muson ini merupakan angin yang di sebut dengan angin musim atau angin yang dapat berhembus secara periodic atau pada minimalnya 3 bulan dengan periode satu dengan periode lainnya memiliki pola yang sangat berlawanan dengan berganti arah dengan setiap setengah tahun.

Angin muson sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu;

Angin Muson Barat

Angin muson barat ini merupakan angin yang dapat berhembus dari benua asia pada musim dingin ke benua Australia pada musim panas yang di dalamnya terdapat curah hujan yang banyak di Indonesia khususnya di bagian barat hal ini di karenakan angin tersebut melewati tempat yang luas seperti samudra. Samudra yang di lalui oleh angin ini adalah samudra hindia dan laut china selatan. Angin ini dapat membuat Indonesia mengalami musim hujan. Angin ini sendiri terjadi pada bulan desember, januari dan bulan januari merupakan bulan dengan angim maksimal yang kecepatan minimalnya 3 m/s.

Baca Juga:  Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek, Cara Pencegahan Terlengkap

Angin Muson Timur

Angin muson ini merupakan angin yang berhembus dari benua Australia pada musim dingin menuju ke benua asia pada musim panas dengan sedikit curah hujan atau kemarau di Indonesia di bagian timur yang karena angin dapat melewati celah yang sempit dan berbagai gurun yang di lewati seperti gurun Victoria, Gibson, dan Australia Besar.ini dapat terjadi di bulan juni, juli, dan agustus yang akan maksimal di bulan juli.

Jenis-jenis Angin Beserta Alat Pengukurnya Lengkap
Jenis-jenis Angin Beserta Alat Pengukurnya Lengkap

Alat Pengukur Angin

Alat yang dapat di gunakan untuk mengukur angin adalah:

Wind Vane

Alat ini merupakan alat untuk dapat mengetahui arah angin.

Anemometer

Alat ini merupakan alat untuk dapat di gunakan mengukur kecepatan angin.

Windsock

Alat ini merupakan alat yang di gunakan untuk mengetahui arah angin dan dapat memperkirakan besarnya kecepatan angin yang pada umumnya dapat di lihat di bandara-bandara pesawat terbang.

Sekianlah penjelasan mengenai Jenis-jenis Angin Beserta Alat Pengukurnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studynews. Dengan adanya angin kita dapat menjemur pakaian yang kita cuci dan mengeringkan ikan yang kita jemur. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 5 votes