√ Jenis-Jenis Media Komunikasi Berserta Contohnya (Lengkap)

Posted on

Jenis-Jenis Media Komunikasi Berserta Contohnya (Lengkap) – Di dalam media komunikasi yang di miliki setiap orang, mereka berharap dapat memiliki atau mengetahui tentang apa saja informasi yang ada di sekitarnya saat itu juga.

Dalam media komunikasi yang baik dapat membuat informasi yang di kandungnya menjadi bermakna dan bertujuan baik serta dapt dengan mudah di terima oleh orang lain. Meida komunikasi sendiri di bagi menjadi beberapa jenis yang di kelompokkan menjadi beberap kelompok.

Jenis-Jenis Media Komunikasi Berserta Contohnya (Lengkap)

Pembagian kelompok atau jenis media komunikasi berdasar kepada beberap aspek yang menyangkut media komunikasi tersebut. Untuk dapat mengerti lebih lagi tentang apa itu jenis media komunikasi akan di jelaskan sebagai berikut.

Jenis-Jenis Media Komunikasi

Media komunikasi memiliki beberapa jenis yang di bagi berdasarkan beberapa kriteria seperti berdasarkan fungsi, bentuk, dan jangkauannya. Berikut adalah pembagian kelompoknya akan di jelaskan sebagai berikut

Berdasarkan Fungsinya

Jenis media komunikasi yang di kelompokkan atau di dasarkan kepada fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut

Fungsi Produksi

Jenis media komunikasi ini dapat menghasilkan segala macam bentuk informasi seperti aplikasi pengolah kata pada komputer atau word processor.

  1. Fungsi Penyimpanan Informasi
    Jenis media komunikasi ini dapat di gunakan untuk menyebarkan dan dapat menyampaikan pesan kepada para komunikasn yang menjadi target seperti telephone, tax, handphone, dan yang lainnya.
  2. Fungsi Reproduksi

Jenis media komunikasi ini dapat di gunakan untuk membuat dan juga menggandakan informasi seperti video tape dan audio tape recorder.

Baca Juga:  √ 32 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Jenis-Jenis Media Komunikasi Berserta Contohnya Lengkap

Berdasarkan Bentuknya

Jenis media komunikasi ini di kelompokkan berdasarkan kepada bentuknya diantanaya

  1. Media Cetak
    Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk barang cetak yang di gunakan menjadi sarana informasi atau penyampaian pesan seperti brosur, surat kabar, dan yang lainnya.
  2. Media Audio
    Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk audio sebagai sarana komunikasi yang menggunakan indra pendengaranuntuk menerimanya seperti radio, dan lain-lain.
  3. Media Visual
    Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk vusial dengan penyampaian informasi menggunkan indra pengelihatan seperti televisi, gambar, dan lainnya.
  4. Media Audio Visual
    Merupakan jenis media komunikasi yang dapat di lihat dan dapat di de;ngar juga dalam penyampaian pesan informasinya menggunakan indra pengelihatan dan juga pendengaranseperti video, televisi, dan yang lainnya.

Sekianlah penjelasan mengena Jenis-Jenis Media Komunikasi Berserta Contohnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan media komunikasi yang dapat memuat informasi kita dapat mengerti dan memiliki informasi apa yang saat ini sedang terjadi. Semoga bermanfaat.

4.7 (94.29%) 14 votes