√ Manfaat Firewall Beserta Cara Kerja & Karakteristiknya (Lengkap)

Posted on

Manfaat Firewall Beserta Cara Kerja & Karakteristiknya (Lengkap) – Komputer yang di gunakan dalam berkerja di wajibkan untuk dapat memiliki keamanan atau system pengaman yang dapat mengamankan data kita dari pengguna lain.

Data kita akan rentan terkena atau di ambil oleh orang lain yang berada di dalam jaringan komputer yang telah terkoneksi dengan milik kita. Untuk itu kita harus memiliki firewall untuk dapat mengamankannya.

Manfaat Firewall Beserta Cara Kerja & Karakteristiknya (Lengkap)

Keamanan dari firewall dapat memberikan kita ketenangan dalam mengerjakan kerjaan di kantor atau tempat lain tanpa harus was-was. Untuk dapat mengerti tentang manfaat dari firewall lebih jauh maka akan di jelaskan sebagai berikut:

Manfaat Firewall

Firewall memiliki manfaat yang diantaranya adalah:

  1. Authentifikasi akses.
  2. Mengatur port atau semua paket data yang akan masuk atau di tolak.
  3. Memonitor atau melakukan pencatatan lalu lintas jaringan.
  4. Mengatur lalu lintas data yang terjadi antar jaringan.

Cara Kerja Firewall

Firewall memiliki cara kerjanya di komputer yaitu:

  1. Menolak dan memblokir semua paket data yang datang yang berasal dari sumber atau tujuan yang tidak jelas dan tidak dinginkan.
  2. Menolak dan dapat menyaring paket data yang datang dati jaringan internal masuk ke jaringan internet, seperti pada saat ada pengguna atau user jaringan internet akan memasuki situs terlarang.
  3. Menolak dan dapat menyaring semua paket data yang berdasarkan konten tidak jelas dan yang tidak di nginkan seperti situs yang telah terdeteksi mengandung virus dan sebagainya.
  4. Melaporkan segala aktivitas jaringan atau semua kegiatan dari firewall.
Baca Juga:  √ Pengertian Field, Record, Table, File, Dan Data (Lengkap)

Manfaat Firewall Beserta Cara Kerja Dan Karakteristiknya Lengkap

Karakteristik Firewall

Firewall memiliki beberapa karakteristik seperti:

  1. Firewall harus dapat lebih kuat dan dapat lebih kebal terhadap serangan luar atau eksternal. Ini dapat memberikan kepercayaan dari penggunanya dan menerangkan bahwa system operasi komputer akan dapat lebih aman di gunakan.
  2. Aktivitas yang di kenal saja atau yang telah terdaftar saja yang dapat untuk melewatinya dan melakukan hubungan. Didalam melakukan hal ini untuk dapat mensetting policy konfigurasi keamanan lokalnya.
  3. Segala aktivitas yang asalnya dari dalam menuju keluar harus dapat melewati firewall terlebih dahulu. Ini dapat meberikan atau membatasi segala akses yang terjadi di jaringan local yang terkecuali jika elewati firewall terlebih dahulu.

Sekianlah penjelasan mengenai Manfaat Firewall Beserta Cara Kerja Dan Karakteristiknya Lengkap yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya firewall kita akan dapat merasa lega karena komputer kita akan di proteksi atau di mankan dari pengguna lain. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes