√ Pengertian Audio & Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Posted on

Pengertian Audio & Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya – Mendengarkan seseuatu yang berbunyi pastinya dapat kita lakukan secara otomatis atau secara langsung dapat kita lakukan tanpa harus menggunakan telinga kita secara manual.

Suara yang kita dengarkan menggunakan telinga kita akan dapat kita analisis dan kita mengerti apa yang sedang kita dengarkan dengan baik. Suara yang kita dengar dapat di sebut juga dengan audio yang hanya akan dapat di dengarkan tetepi tidak dapat di lihat.

Pengertian Audio & Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Audio yang baik akan dapat kita dengar dengan baik dengan menggunakan media audio yang baik pula dan jelas dalam mengeluarkan suaranya. Untuk dapat mengerti apa itu audio dan media audio akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Audio

Audio merupakan suara atau bunyi yang dapat di hasilkan dari getaran suatu benda yang agar dapat di tangkap oleh Manusia haruslkah kuat dan minima 20 kali/detik. Suara merupakan gataran yang di hasilkan dari pergesekan, pantulan, dan yang lainnya antara benda-benda.

Gelombang merupakan suatu getaran yang di dalamnya terdiri dari amplitude dan waktu. Suara di bangun dengan periode yang berarti jika tidak dengan periode maka bukanlah suara.

Audio merupakan elemen penting yang dapat ikut berperan di dalam membangun suatu system komunikasi dengan bentuk suata yang berupa suatu sinyal elektrik yang dapat membawa unsur-unsur bunyi. Audio terdiri dari beberapa tahapan yang diantaranya tahap dalam pengambilan suara, sambungan di transmisi yang di dalamnya mengandung bunyi, amplifier, dan yang lainnya.

Baca Juga:  √ 42 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Media Audio Menurut Para Ahli

Media audio memiliki pengertian menurut oara pakar yang diantaranya adalah:

Sadiman [2005:49]

Media audio adalah media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang akan di sampaikan dengan bentuk lambang-lambang audit, mau itu berbentuk verbalatau dengan bentuk non-verbal.

Sudjana dan Rivai [2003 :129]

Media audio merupakan media yang dapat di gunakan sebagai media pengajaran yang di dalamnya mengandung pesan di dalam bentuk audirif yang berguna untuk dapat merangsang pikiran, perhatian, perasaan, dan juga kemauan yang di miliki mahasiswa sehingga akan terjadi suatu proses belajar mengajar.

Media audio sendiri merupakan suatu alat yang di dalamnya berisi pesan yang dapat di terima menggunakan media pendengaran saja.

Jenis Audio

Audio memiliki beberapa jenis yang di kelompokkan berdasar media atau perangkat yang di gunakan diantaranya adalah :

Audio Streaming

Audio Streaming merupakan istilah yang di pakai untuk dapat mengengarkan siarang langsung atau live menggunakan jaringan internet. Seperti menggunakan RealAudio, Winamp.

Audio Visual

Audio visual merupakan istilah yang di gunakan untuk sebuah perangkat soundsystem yang telah di lengkapi dengan gambar seperti yang di pakai untuk presentasi.

Audio Modem Riser

Audio Modem Riser merupakan istilah yang di pakai untuk sebuah kartu jenis plug-in yang di tujukan untuk motherboard intel yang akan memuat sirkuit atau berupa modem.

Pengertian Audio Dan Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Jenis Format Audio

Berikut ini adalah jenis format audio yang banyak kita jumpai atau temukan di berbagai alat elektronik yang dapat mengeluarkan suara yang diantaranya:

  1. MP3 (MPEG, Audio Layer 3)
  2. WAV
  3. AAC (Advanced Audio Coding)
  4. WMA (Windows Media Audio)
  5. Ogg Vorbis
  6. Real Audio
  7. MIDI

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Audio & Media Audio Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya yang di jelaskan oleh studinews. Dengan audio yang baik kita dapat mendengarkan suara yang baik dan dapat mengerti tentang apa yang kita dengarkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  √ Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi & Cirinya (Pembahasan Lengkap)
4.7 (94.29%) 14 votes