√ Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap

Posted on

Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap – Untuk kesempatan kali ini kita akan mulai membahas sebuah artikel mengenai batuan. Di saat kita belajar di sekolah tentu saja sudah pernah belajar mengenai batuan.

Namun apakah kita sudah mengerti arti dan jenis dari batuan itu sendiri? Jika para pembaca belum mengetahui arti dan jenis batuan, lebih baik untuk menyimak artikel kali ini agar dapat menambah sebuah wawasan dan juga ilmu pengetahuan bagi para pembaca.

Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasan mengenai pengertian dan juga jenis batuan, di dalam jenis batuan terdapat beberapa jenis yang ada pada batuan. Agar dapat lebih jelasnya mari kita sama-sama untuk memulai pembahasan dari artikel kali ini, supaya bisa membantu para pembaca untuk dapat memahami semua yang dijelaskan oleh artikel berikut ini.

Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap

Mari kita bahas dulu pengertian batuan dengan seksama.

Pengertian Batuan

Batuan ialah kumpulan-kumpulan ataupun agregat dari sebuah mineral-mineral yang telah dalam keadaan membeku ataupun keras. Batuan ialah benda alam yang menjadi sebuah penyusunan utama dari materi bumi. Ada beberapa batuan yang terutama tersusun dari sejenis mineral saja,dan juga sebagian kecil yang dibentuk oleh gabungan mineral, bahan organik, dan juga bahan-bahan vulkanik yang lainnya beserta kombinasi dari semua komponen tersebut.

Batuan pada umumnya diklasifikasikan dengan berdasarkan komposisi mineral dan juga kimia, dengan sebuah tekstur partikel unsur serta proses yang membentuknya. Ada beberapa jenis di dalam batuan yang akan di jelaskan kali ini, dan untuk lebih jelasnya kita mulai saja penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Bioma Beserta Macam-Macamnya (Pembahasan Lengkap)

Jenis-Jenis Batuan

Selain dari pengertian yang telah diberikan, pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis dari batuan. Apa saja jenis-jenis batuan itu, mari kita mulai pembahasannya di bawah ini.

1. Batuan Beku

Batuan beku ialah batuan yang satu ataupun beberapa mineral yang juga terbentuk dari sebuah akibat pembekuan magma. Batuan beku ialah batuan keras yang terbentuk dari sebuah magma yang keluar dari perut bumi serta membeku dikarenakan mengalami sebuah proses pendinginan. Oleh karena itu, batuan beku bisa juga disebut sebagai batuan bekuan.

Di dalam batuan beku terdapat beberapa tempat magma yang dapat dibedakan dengan sebuah tempat magma yang keluar dan membeku, untuk itu kita akan mulai membahasnya agar dapat lebih jelas untuk memahaminya dan akan dijelaskan berikut ini.

  • Batuan Beku Dalam.
  • Batuan Beku Luar.
  • Batuan Beku Korok.

2. Batuan Sedimen

Batuan sedimen ialah sebuah batuan yang terbentuk dikarenakan adanya sebuah proses pembentukan ataupun litifikasi dari sebuah hasil proses pelapukan dan juga erosi yang kemudian terbawa serta diendapkan. Batuan sedimen yang terbentuk dari batuan beku ataupun zat padat yang mengalami sebuah erosi di tempat tertentu lalu mengendap dan juga menjadi keras. Pada biasanya batuan sedimen berlapis-lapis secara mendatar. Dan diantara batuan ini juga seringkali ditemukan sebuah fosil-fosil.

Batuan beku yang terdapat dipermukaan kulit bumi dan juga terkena pengaruh tenaga eksogen yang kemudian akan mengalami pelapukan. Dan bagian-bagian yang hancur ataupun lepas dari sebuah batuan induknya yang kemudian diangkut oleh aliran air, angin, dan juga gletser. Lalu diendapkan pada tempat lain, dan pada umumnya di tempatkan di tempat yang lebih rendah. Dan material yang diendapkan itu bila mengalami sebuah pemadatan (kompaksi) serta perekatan (sementasi) yang kemudian berubah menjadi sebuah batuan sedimen. Dari proses pembentuk batuan sedimen, yang kemudian terbagi menjadi beberapa. Apa saja proses pembentukan batuan sedimen? Akan kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  • Batuan Sedimen Klastik.
  • Batuan Sedimen Kimiawi.
  • Batuan Sedimen Organik.
Baca Juga:  √ Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap
Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap
Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap

3. Batuan Malihan (Batuan Metamorf)

Batuan metamorf atau batuan malihan ialah batuan yang terbentuk dari akibat adanya sebuah proses perubahan temperatur dan juga tekanan udara batuan yang sudah ada pada sebelumnya. Batuan malihan yang terbentuk dari sebuah batuan beku ataupun batuan sedimen yang sudah berubah wujud. Oleh karena itulah batuan malihan disebut juga dengan batuan metamorfosis, batuan malihan kemudian dibagi dengan berdasarkan proses dari pembentukkannya yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Batuan Malihan Kontak.
  • Batuan Malihan Dinamo.
  • Batuan Malihan Thermal-Pneumatolik.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan tentang Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap, yang mungkin dapat membantu para pembaca untuk memahami mengenai batuan dengan mudah. Semoga bermanfaat 🙂

5 (100%) 4 votes