√ Pengertian Bioma Beserta Macam-Macamnya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Bioma Beserta Macam-Macamnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam setiap tempat di bagian bumi manapun pastinya memiliki hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di sana walaupun tempat itu kering dan berpasir.

Hewan dan tumbuhan yang dapat hidup di daerah tersebut pun menggunakan caranya tersendiri untuk dapat bertahan hidup. Bioma yang ada di daerah-daerah dapat berbeda-beda dan bermacam jenisnya karena beberapa faktor pengaruhnya.

Pengertian Bioma Beserta Macam-Macamnya (Pembahasan Lengkap)

Bioma yang baik dapat membuat semua makhluk hidup akan dapat hidup berdampinagan di lingkungan tersebut. Untuk dapat mengerti tentang apa itu bioma akan lebih jelasnya di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Bioma

Bioma merupakan suatu ekosistem besar yang memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma adalah ekosistem-ekosistem yang terbentuk dari adanya suatu perbedaan letak geografis dan astronomis. Bioma pada umumnya memiliki produsen, konsumen, dan juga pengurai yang ada di dalamnya dan membuat aliran marei serta energy yang bermulai dari tumbuhan.

Ciri yang di miliki oleh bioma adalah vegetasi tertentu yang akan mendominan kepada suatu wilayah yang akan di pengaruhi oleh kondisi dari iklim regionalnya. Sebab inilah yang membuat perbedaan antara bioma yang terletak di vegetasi ada dan tumbuh di dalamnya.

Macam-Macam Bioma

Bioma yang ada di bumi ini terbagi menjadi enam yaitu adalah:

Bioma Padang Rumput

Bioma ini tersebar di daerah yang memiliki curah hujan antara 250-500 mm/tahun yang berada di daerah tropis dan subtropics. Ada beberapa padang rumput yang curah hujannya mencapai 1000 mm tetapi tidak beratur turun hujannya.

Baca Juga:  Pengertian Gunung Berapi, Jenis-Jenis, Klasifikasi, Skema Peringatan Terlengkap

Bioma Gurun

Bioma ini tersebar di daerah yang rendah dengan rata-rata curah hujannya 250 mm/tahun bahkan kurang dariitu, persebaran umumnya terdapat di tengah benua yang padasebagian besarnya menjadi daerah bayangan hujan. Vegetasi yang hidup di sana tahan akan kekurangan air seperti kaktus.

Bioma Tundra

Bioma ini terdapat di bumi bagian utara di daerah sekitar kutub. Tundra ini tercipta karena adanya lingkungan alam yang gelap hingga berbulan-bulan yang di sebabkan dengan tidak adanya jangkauan pancaran sinar matahari.

Bioma Hutan Tropis Basah

Bioma ini tersebar di daerah khatulistiwa yang memiliki tipe tumbuhan paling lebat dan yang paling rumit. Tumbuhan penghuninya terdiri dari beberpa kelompok seperti pohon-pohon liana, terna, pencekik, parasite, dan saprofit.

Pengertian Bioma Beserta Macam-Macamnya Lengkap

Bioma Hutan Musim

Bioma ini terdapat di daerah lintang tendah tropis yang sering di sebut dengan hutan hujan tropis. Tanaman yang ada di sini ketika musim kemarau datang maka mereka akan menggugurkan daun-daun yang mereka miliki.

Bioma Taiga

Bioma ini terdapat di bumi bagian utara dengan vegetasi yang berlapis lilin dengan bentuk lancip. Tanaman jenis ini yang paling khas adalah pinus dan juga cemara.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Bioma Beserta Macam-Macamnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Bioma yang ada di sekitar kita merupakan kekayaan alam yang harus kita lestarikan keberaannya karena ketika ekosistem rusak maka akan membuat lingkungan menjadi tidak stabil. Semoga bermanfaat 🙂

5 (100%) 7 votes