√ Pengertian Firewall Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Firewall Beserta Fungsinya Lengkap – Jaringan komputer yang ada di suatu jaringan luas seperti internet akan rentan sekali untuk dapat di buka oleh orang lain dan mengacak-acak atau mengambil file yang ada di dalam komputer kita.

Untuk itu kita memerlukan system keamanan yang tinggi untuk dapat mengawasi setiap pergerakan data yang ada agar semua aman dan data kita tidak hilang. Maka dari itu kita perlua adanya keamanan seperti dengan firewall.

Pengertian Firewall Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Firewall akan dapat membuat komputer kita aman akan serangan orang-orang yang ingin memasuki data yang ada di dalam komputer kita. Untuk dapat mengerti tetnang apa itu firewall beserta fungsinya akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Firewall

Firewall merupakan suatu kombinasi yang terjadi antara perangkat keras dengan perangkat lunak yang berguna untuk dapat memisahkan antara jaringan komputer menjadi dua bagian atau lebih untuk menjaga keamanan datanya. Firewall merupakan seperangkat program atau software yang memiliki keterhubungan dengan lainnya yang ada di dalam server gateway di dalam jaringan komputer yang gunanya untuk saling melindungi sumber daya dari jaringan pribadi milik pengguna lain.

Jaringan internet di perusahaan dapat memungkinkan pekerjanya dapat mengakses internet menjadi lebih luas dengan menginstal firewall, yang ini berguna agar orang lain tidak dapat mengakses sumber daya milik pribadi untuk mengendalikan dan mencuri datanya.

Firewall menjadi cara untuk dapat memastikan akan data yang ada di komputer atau server web yang terhubung tidak akan dapat di akses oleh siapa pun di internet. Ketika ada pihak lain yang ingin mengakses informasi pribadi atau mengubah situs web maka akan di lakukan pemblokiran oleh firewall.

Baca Juga:  √ Pengertian Online Dan Offline (Pembahasan Lengkap)

Pada umumnya firewall berkerja degnan program router yang akan melakukan pemeriksaan di setiap paket jaringan agar dapat menentukan ini akan maju menuju arah tujuannya. Firewall akan dapat selalu berkerja sama dengan proxy server yang akan dapat membuat permintaan jaringan atas nama dari pengguna workstation. komputer yang telah di pasang khusus secara terpisah dari sisa jaringan sering di beri program firewall yang akan membuat tidak adanya suatu permuntaan yang akan masuk akan dapat langsung mengakses sumber daya jaringan.

Firewall sendiri merupakan suatu system perangkat lunak yang dapat mengizinkan suatu lalulintas jaringan yang dianggapnya cukup aman untuk daoat melaluinya dan dapat mencegah suatu lalu lintas jaringan yang dianggapnya tidak aman. Umumnya suatu firewall akan dapat di terapkan pada mesin terdedikasi yang dapat berjalan di gateway diantara jaringan local dnegan jaringan internet.

Tujuan utama yang di miliki firewall adalah untuk dapat memisahkan daerah yang dianggapnya aman dari daerah yang kurang dan tidak aman dan juga dapat mengontrol suatu komunikasi yang terjadi di keduanya. Firewall juga dapat melakukan fungsi lainnya tetapi yang paling utama adalah untuk bertanggung jawab dalam mengendalikan komunikasi inbound dan komunikasi outbound yang berasal dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan.

Pengertian Firewall Beserta Fungsinya Lengkap
Pengertian Firewall Beserta Fungsinya Lengkap

Fungsi Firewall

Firewall memiliki fungsi yang diantaranya adalah:

  1. Dapat melakukan authentifikasi akses.
  2. Dapat mengontrol dan mengawasi semua paket data yang mengalir di dalam suatu jaringan, firewall juga dapat mengatur, mengontrol, serta memfilter lalu lintas data yang telah di izinkan untuk dapat mengakses jaringan privat yang telah di lindungi oleh firewall.
  3. Dapat mencatat segala transaksi yang terjadi di berbagai kejadian yang terjadi di firewall.
  4. Dapat memeriksa lebih dari sekedar header yang ada di paket data tetapi kemampuan ini dapat membuat firewall untuk dapat mendeteksi protocol aplikasi tertentu.
Baca Juga:  √ Manfaat Firewall Beserta Cara Kerja & Karakteristiknya (Lengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Firewall Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews, firewall juga mempunyai manfaat dan juga karakteristik. Dengan keamanan yang baik maka komputer kita akan terjadmin keamanan datanya dari orang lain. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 10 votes