√ Pengertian Ilmu komunikasi Beserta Unsur-Unsurnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Ilmu komunikasi Beserta Unsur-Unsurnya (Lengkap) – Dalam kehidupan kita pastinya di haruskan berkomunikasi dnegan orang alain karena memang sudah wajib sebagai manusia berkomunikas dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Manusia berkomunikasi untuk dapat menjalin hubungan sosial karena memang Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Memiliki ilmu komunikasi yang baik akan dapat memberikan dampak yang baik pula bagi orang tersebut.

Pengertian Ilmu komunikasi Beserta Unsur-Unsurnya (Lengkap)

Ilmu komunikasi saaat ini dapat di pelajari dan menjadi suatu ilmu di dalam pendidikan yang memeberikan pengetahuan tentang berkomunikasi. Untuk dapat mengerti tentang apa itu ilmu komunikasi akan di jelaskan seabgai berikut.

Pengertian Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang apa tata cara dalam berkomunikasi dan bagaimana menggunakan segala alat komunikasi yang di gunakan untuk menjadi saran komunikasi kepada masyarakat. Ilmu komunikasi memmpelajari tentang bagaimana atau cara-cara untuk dapat memberikan ide dari seseorang atau grup kepada orang lain atau grup yang lainnya.

Proses pemberian ide itu dapat di lakukan dengan menggunakan media lisan, tulisan ataupun dngan menggunakan media yang lain. Pengertian ilmu komunikasi yang di berikan oleh salah satu ahli yang bernama Berelson dan Stainer menjelaskan bahwa komunikasi merupakan suatu proses penyimpanan informasi, emosi, gagan, keahlian, dan yang lain-lain dengan menggunakan symbol seperti gambar, angka, kata, dan yang lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Virus Komputer, Sejarah, Jenis dan Cara Mengatasinya

Unsur Komunikasi

Unsur yang di miliki komunikasi diantaranya sebagai berikut:

Sumber atau Komunikastor

Setiap komunikasi yang terjadi pasti memiliki sumber yang dapat membuat atau menjadi pengirim informasi. Sumber komunikasi pada Manusia ada yang merupakan satu orang ada yang berkelompok seperti grup, partai, lembaga, atau oraganisasi. Sumber dapat di katakana sebagai pengirim, atau komunikator yang dalam bahasa inggris dapat di sebut dengan sender, encoder, atau source. Komunikator merupakan orang yang menyampaikan pesannya kepada seseorang sebagai penerima.

Pesan

Merupakan apa yang di sampaikan oleh komunikator. Di dalam pesan ini terdapat pengarah dalam usaha untuk mencoba merubah sikapnya dan juga tingkah laku si komunikan atau yang di beri pesan.

Channel atau Saluran atau Media

Saluran dapat menyampaikan suatu pesan dan dapat di sebut dengan media. Media komunikasi yang di lakukan dapat di kelompokkan menjadi dua yang pertama media umum dan kedua media massa. Media umum merupakan media yang dapat di pakai untuk menjadi segala bentuk kimunikasi yang diantaranya radio. Media massa merupakan media yang dapat di pakai berkomunikasi dnegan massa yang diantaranya adalah televisi.

Penerima

Merupakan suatu pihak yang menjadi sasaran dari pesan yang di berikan oleh komunikator atau sumber. Penerima pesan dapat terdiri dari satu orang atau dapat lebih.

Feedback atau Umpan balik

Merupakan informasi yang dapat di kirimkan kembali ke sumber atau komunikatornya. Umpan balik dapat berasal dari seseorang atau orang lain. Diagram panah dari komunikasi universal berasal dari satu sumber kepada penerima lalu menuju ke sumber dank e penerima lainnya dengan dua arah umpan balik. Umpan balik atau feedback terdiri dari:

Baca Juga:  √ Pengertian HTTP, Fungsi HTTP, Cara Kerja, Contoh HTTP (Lengkap)

Positive feedback

Berupa pesan yang dapat dimengerti oleh komunikan.

Negative feedback

Merupakan respon yang bersifat merugikan atau dapat menyudutkan si komunikator.

Pengertian Ilmu komunikasi Beserta Unsur-Unsurnya Lengkap

Zero feedback

Merupakan pesan yang tidak dapat dimengerti oleh si komunikan.

Neutral feedback

Merupakan respon yang tidak daapt memihak atau tidak dapat mendukung atau dapat menentang.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Ilmu komunikasi Beserta Unsur-Unsurnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan memiliki ilmu komunikasi yang baik maka akan dapat memeberikan banyak manfaat bagi orang itu sendiri. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes