√ Pengertian IPTEK Beserta Dampak Positif & Negatifnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian IPTEK Beserta Dampak Positif & Negatifnya (Lengkap) – Dalam kehidupan ini kita sebagai Manusia pastinya memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi dan membuat orang tersebut akan melakukan suatu penelitian mendalam.

Ketika dirinya mengadakan suatu penelitian dan dapat menciptakan apa yang di inginkannya maka akan dapat memeberikan kemajuan bagi dunia IPTEK khususnya. Penemuannya itu akan dapat di lihat dan di uji kebenarannya.

Pengertian IPTEK Beserta Dampak Positif & Negatifnya (Lengkap)

Ketika IPTEK telah banyak memberikan kompensasinya kepada dunia ini maka akan dapat membuat pekerja Manusia menjadi lebih mudah. Untuk dapat mengerti tentang apa itu IPTEK akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian IPTEK

IPTEK merupakan suatu singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang merupakan suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan suatu pengetahuan alam atau menjadi wawasan seseorang di dalam bidang teknologi. IPTEK juga merupakan semua hal yang berhubungan dnegan teknologi, hal ini mencangkup penemuan baru yang memiliki sangkutan dengan teknologi atau merupakan perkembangan di bidang teknologi sendiri.

Pengertian ilmu sendiri merupakan suatu pemahaman akan pengetahuan yang memiliki fungsi untuk dapat mencari dan menyelididki dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu yang menjadi pengetahuan telah mengalami uji yang layak dan terjamin kebenarannya.

Pengetahuan merupakan sesuatu yang telah di ketahui atau telah di sadari oleh seseorang yang di perolehnya dari pengalaman. Pengetahuan tidak dapat di katakana sebagai ilmu karena pengetahuan ini kebenarannya ini belumlah teruji akan kebenarannya. Pengetahuan di dapat ketika seseorang menemukan seseuatu yang belum pernah di lihat sebelumnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Analisis Sistem Beserta Fungsi & Tugasnya (Lengkap)

Pengertian Teknologi merupakan suatu proses metode ilmuah yang berguna untuk dapat mencapai suatu tujuan dengan maksimal. Ini menjadi sarana untuk dapat menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktivitasnya.

Dampak Positif IPTEK

Iptek memiliki dampak yang positif diantaranya:

  1. Membuat sesuatu menjadi lebih mudah.
  2. Meringankan masalah yang sedang di hadapi oleh seseorang.
  3. IPTEK membawa kita menuju jaman modern.
  4. Mengurangi bahan alami yang semakin kini semakin langka dan habis.

Pengertian IPTEK Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya Lengkap

Dampak Negatif

Iptek memiliki dampak yang negative diantaranya:

Dapat merusak moral

Ini dapat merusak moral seseorang karena dapat menjadi suatu media yang mempengaruhi seseorang karena ada konten yang berbau negative dan sebagainnya.

Dapat membuat polusi

Ini dapat menimbulkan polusi karena iptek memerlukan banyak perkembangan yang pada saat berkembang iptek akan banyak mempengaruhi pencemaran polusi.

Dapat membuat orang malas

Iptek dapat membuat seseorang berkerja menjadi mudah dan dapat membuat Manusia jadi di manjakan dan akhirnya menjadi malas.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian IPTEK Beserta Dampak Positif & Negatifnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan kemajuan IPTEK kita dapat di manjakan dengan banyaknya jenis teknologi yang ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 10 votes