√ Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap

Posted on

Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap – Planet yang ada di tatasurya kita bermacam-macam tetapi hanya bumi yang dapat menjadi tempat kita sebagai makhluk hidup dapat hidup dengan tenang dan nyaman.

Di dalam bumi ini terdapat lapisan-lapisan penyusunnya yang membuat bumi memiliki pondasi yang kuat unutuk kita diami. Lapisan yang ada di bumi ini terbagi menjadi beberapa macam yang salah satunya adalah litosfer.

Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap

Di dalam litosfer terdapat banyak macam lapisan yang mendukung litosfer tersebut. utnuk dapat mengerti tentang apa itu litosfer dan bagian dari litosfer akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Litosfer

Litosfer berasal dari bahasa yunani yaitu lithos yang artinya bebatuan, dan sphere yang artinya lapisan, lithosfer merupakan lapisan kerak bumi yang paling luar dan memiliki bebatuan dengan tebal rata-rata 2200 km. Struktur bebatuan yang ada bukanlah benda yang bersifat keras saja seperti yang kita lihat sehari-hari akan tetapi bentuk dari bebatuan itu adalah tanah liat, pasir, abu gunung, kerikil, dan lainnya. Ketebalan dari kulit bumi ini tidak merata seperti kulit bumi yang ada di bagian benua atau daratan lebih tebal dari yang ada di bawah bagian samudra.

Bagian Litosfer

Litosfer terdapat bagian-bagian yang menyusunnya, bagian tersebut adalah:

1. Lapisan Sial

Lapisan ini merupakan lapisan kulit bumi yang tersusun dari logam sisilium dan alumunium. Senyawa yang ada di dalmnya berbentuk SiO2 dan AL 2 O3, yang ada di lapisan sial ini antara lain adalah bebatian sendimen, bebatuan granit andesit, jenis bebatuan metamor, dan bebatuan lain penyusunnya yang ada di daratan suatu benua. Pada lapisan ini dinamakan dengan lapisan kerak dengan sifat padat dan bebatuan yang ada di sekeliling dengan rata-rata 35km.

Baca Juga:  √ Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap

Lapisan kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu

  • Lapisan Kerak Benua
    Kerak benua ini berbentuk padat dengan lapisannya yang terdiri dari bebatuan granit yang di bagian atasnya dan pada bagian bawah terdapat bebatuan basalt. Kerak ini yang di namakan sebagai benua.
  • Lapisan Kerak Samudra
    Kerak samudra ini berbentuk padat dengan lapisannya terdiri dari endapan laut yang pada bagian atasnya dan pada bagian bawahnya terdapat bebatuan vulkanik yang paling bawah lagi terdapat susunan bebatuan beku berjenis gabbro dan peridolit. Kerak ini yang menempati dasar dari samudra.

2. Lapisan Sima

Lapisan sima ini merupakan lapisan kulit bumi yang tersusun deri logam berjenis silisium dan magnesium dalam bentuknya senyawa Si O2 dan Mg O pada lapisan ini berat jenisnya lebih besar di bandingkan dengan lapisan sial karena di dalamnya mengandung besi dan magnesium yang berupa mineral ferro magnesium dan berupa bebatuan basalt dan memiliki ketebalan rata-rata 65 km.

Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap
Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap

Susunan Bumi

Bumi yang kita kenal memiliki beberapa lapisan yaitu:

Barisfer

Merupakan lapisan dari inti bumi yang terdiri dari bahan padat penyusun lapisan nife yaitu niccolum=nikel dan ferum besi yang berjari jari +- 3.470 km.

Lapisan Antara

Merupakan lapisan yang terdapat di bagian atas nife dnegan tebal 1700 km. Lapisan ini sering di sebut juga dengan lapisan asthenosfer. Di dalam lapisan ini memiliki bahan cair yang bersuhu tinggi dan berpijar.

Lithosfer

Merupakan lapisan yang paling luar dari bumi yang memiliki ketebalan 1200 km dengan berat rata-ratanya 2,8 gram/cm3.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Litosfer Beserta Bagian Dan Susunannya Lengkap yang di jelaskan oleh StudiNews. Bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan yang ada didalamnya dan menjadi tempat kita berpijak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Pengertian Global Warming, Penyebab, Efek, Cara Pencegahan Terlengkap
5 (100%) 5 votes