√ Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri & Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri & Contohnya Lengkap – Dalam berbicara atau membuat suatu pernyataan lisan maupun tulisan, kita pasti akan menyatakannya dengan beberapa kalimat atau hingga satu paragraf tanpa kita sadari.

Bentuk dan jenis paragraf ada banyak dan bermacam-macam, seperti contohnya paragraf induktif. Paragraf ini memiliki ciri-ciri khusus yang dapat membedakanya dengan jenis paragraph lain yang ciri tersebut terdapat di dalam paragrafnya.

Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri & Contohnya Lengkap

Paragraf induktif ini dapat kita temui di berbagai tempat bahkan ada di lingkungan kita seperti di buku atau di pamflet semua ada. Untuk mengerti tentang paragraf induktif lebih jauh dengan ciri dan juga contohnya akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan jenis paragraf yang diawali dengan menyebutkan suatu peristiwa khusus yang menuju kepada suatu kesimpulan yang umum dengan mencangkup segala peristiwa yang khusus. Paragraf induktif merupakan suatu paragraf yang di awali dengan suatu penggemukan atau yang memaparkan suatu penjelasan dengan sifat khusus dan kemudian dapat di akhiri dengan suatu kalimat utama dan di dalamnya memuat pernyataan umum.

Paragraf induktif merupakan suatu paragraph yang dengan kalimat utama yang terletak di akhir paragraph. Paragraph ini dapat diartikan sebagai suatu bahasa yang di dalmnya terdaoat beberaoa kalimat, dapat tersusun dengan runtut, isinya logis di dalam suatu kesatuan yang telah tersusun dengan lengkap, utuh dan juga padu.

Ciri-Ciri Paragraf Induktif

Paragraf induktif memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang diantaranya adalah :

  1. Kalimat utamanya di tempatkan di bagian akhir paragraf.
  2. Kalimat di dalamnya di susun berdasar uraian atau penjelasan yang sifatnya khusus serta di ikuti dengan kalimat pernyataan yang umum.
  3. Kalimat penjelas berupa suatu kalimat yang dapat mendukung gagasan utamanya.
Baca Juga:  √ Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap)

Contoh Paragraf Induktif

Berikut merupakan contoh dari paragraf induktif diantaranya:

Pertama

Oleh sebab itu saya akan sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti yang di adakan setiap seminggu sekali. Karena, jika keadaan lingkungan bersih kita semua akan menjadi lebih sehat. Dan oleh sebab itu, kerja bakti merupakan kegiatan yang sangat penting di lingkungan masyarakat.

Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri Dan Contohnya Lengkap
Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri Dan Contohnya Lengkap

Kedua

Dalam hidup kita haruslah membiasakan untuk dapat hidup dengan sehat. Hidup sehat dapat di mulai dengan suatu sikap cermat akan semua hal. Tindakan cermat dan juga teliti yang dapat kita lakukan seperti ketika kita akan mengkonsumsi suatu produk apa pun. Kita yang sebagai konsumen di haruskan lebih teliti dan cermat dengan membaca petunjuk yang di berikan untuk dapat menggunakan dan memakai barang tersebut yang ada di dalam kemasannya. Apalagi hal yang menyangkut dengan kesehatan, karena kesehatan merupakan hal yang sangatlah penting bagi hidup kita.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Paragraf Induktif Beserta Ciri & Contohnya Lengkap yang di jelaskan oleh studinews. Paragraf induktif ini memiliki ciri yang khas yaitu kalimat utamanya berada di akhir paragraf ini. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes