√ Pengertian Power Supply Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Power Supply Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam komponen komputer antara satu dengan yang lainnya haruslah tersusun dan tersambung dengan baik karena jika tidak tersusun dengan baik maka akan dapat membuat komputer tidak akan berkerja dengan baik.

Hal yang sangat fatal jika tidak tepat pemasangannya adalah pemindah arus listrik. Pemindah atau pengubah arus listrik yang ada di dalam komputer sangatlah berpengaruh karena memang komputer menggunakan arus yang berbeda dengan arus listrik rumahan, maka dari itu di perlukannya power supply.

Pemilihan power supply yang tepat dapat membuat komputer kita berjalan dengan baik dan tidak ada kerusakan pada komponen yang lain. Untuk dapat mengerti tentang apa itu power supply akan di jelaskan lebih lengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Power Supply Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian power supply terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Power Supply

Power supply merupakan alat atau komponen yang berguna untuk dapat mensupplay daya atau tegangan yang langsung masuk kedalam komponen komputer yang ada di dalam casing. Komponen yang memerlukan tegang di dalam casing komputer diantaranya adalah harddisk, motherboard, heatsing, dan yang lainnya. Fungis yang di miliki power suplai atau yang di sebut PSU ini adalah mengubah tegangan arus AC menjadi arus bertegangan DC, hal ini karena hardware yang di miliki komputer dapat beroprasi dengan tegangan arus DC atau searah.

Jenis-Jenis Power Supply

Power supply memiliki dua jenis yang berbeda, dua jenis itu adalah:

Baca Juga:  √ Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker (Pembahasan Lengkap)

Power Supply AT

Power supply AT ini merupakan jenis power supply yang mamiliki kabel power yang telah terhubung dengan motherboard terpisah menjadi dua buah konektor yaitu konektor dengan tipe P8 dan konektor dengan tipe P9. Ini yang menyebabkan kita harus dapat sanagat berhati-hati untuk memasangnya agar tidak ada kesalahan seperti terbalik dalam memasangkannya. Cara pemasangannya dengan tepat yaitu dengan kabel power yang warna hitam dari kabel powerP8 dan juga kabel power dari P9 yang harus bertemu di tengah-tengah, kalau kedua jenis konektor ini di satukan.

Power supply jenis ini memiliki tombol on dan off yang langsung terhubung dengan casing komputer yang membuat kita dapat menyalakan dan mematikan komputer itu harus dengan menekan tombol power. Power supply ini sering di pakai pada komputer dengan Pentium II dan pada Pentium II yang membuat jarang sekali kita untuk bias menemukannya lagi.

Power Supply ATX

Power supply ATX ini merupakan suatu jenis power supply yang memiliki kabel power yang terhubung dengan motherboard dan sudah menjadi satu kesatuan, dengan jumlah 20 Pin, pada konektor jenis ini dinamakan dengan kabel ATX 20 Pin. Pada saat pemasangannya sangat kecil sekali kemungkinan untuk dapat terjadi kesalahan dalam menyatukannya karena memang sudah menyatu dengan motherboard karena ketika salah menancapkannya maka kabel konektor ini tidak akan dapat menyatu atau masuk.

Pengertian Power Supply Beserta Jenis-Jenisnya Lengkap

Jenis power supply ini memiliki power switch atau auto shutdown yang membuat kita hanya perlu mematikan komputer saja tanpa harus mematikan power suppy Karen dia akan mengikuti komputer ketika dia hidup atau mati. Jenis power supply ini sangat banyak kita jumpai karena ada di Pentium II sampai saat ini sering di pakai.

Baca Juga:  √ Pengertian Url, Sejarah, Fungsi, Macam dan Contohnya (Lengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Power Supply Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelasakan oleh studinews. Dengan adanya power supplay komputerkita dapat hidup dengan baik dan nyaman di gunakan. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 7 votes