√ Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap

Posted on

Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap – Mesin elektronik yang ada di dunia ini sekarang bermacam-macam dan sangat canggih akan teknologi yang di milikinya seperti ada yang dapat membuat suatu benda tersalin dan dapat di kirimkan ke komputer.

Alat yang dapat menyalinkan suatu objek dapat menjadi benda atau alat yang berguna sekali di kehidupan kita ini karena dapat membuat copyan atau salinan dengan alat tersebut. Alat yang di maksud adalah scanner.

Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap

Dengan scanner kita dapat mengerjakan tugas atau menyimpan suatu bentuk salinana yang dapat kita buka di komputer atau kita cetak kembali. Untuk dapat mengetahui mengenai apa itu scanner akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Scanner

Scanner merupakan alah pemindai perangkat input yang ada di komputer dengan fungsi untuk dapat menduplikat suatu objek yang layaknya seerti mesin fotocopy ke dalam berntuk digital. Scanner dapat mengcopy atau menduplikat suatu objek dengan menggunakan suatu sensor cahaya yang ada di dalam alat tersebut. Sensor ini dapat mendeteksi sebuah struktur, gambar, tulisan yang berasal dari objek yang di scan selanjutnya akan di kirimkan ke dalam komputer dengan bentuk digital.

Scanner ini memiliki fungsi yang jelas karena dengan menggunakan kita dapat mengcopy suatu objek seperti makalah, kertas, ataupun sebuah foto kedalam bentuk digital ke komputer. Dengan menyalin suatu objek, kita memiliki salinan dari objek tersebut apa bila objek tersebut hilang atau rusak, kita masih memiliki salinannya dengan bentuk digital di dalam komputer.

Baca Juga:  √ Pengertian IPTEK Beserta Dampak Positif & Negatifnya (Lengkap)

Jenis-Jenis Scanner

Scanner di dunia ini memiliki beberapa jenis dan diantaranya ada di sekeliling kita, jenis-jenis dari scanner adalah sebagai berikut:

Flatbed Scanner

Ini merupakan jenis scanner yang memiliki bentuk dan ukuran yang kecil seukuran kertas folio, hal ini sering di sebut mesin fotocopy ndegan bentuk kecil.

Handy Scanner

Ini merupakan jensi scanner yang memiliki bentuk postcard, jenis scanner ini dapat kita temukan di sekitar kita seperti di minimarket atau di supermarket. Hal ini terjadi karena scanner ini dapat di gunakan untuk membaca barcode barang yang akan di bayarkan di kasir.

Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap

PSC atau Print Scan Copy

Ini merupakan scanner dengan bentuk yang multifungsi sehingga dapat di jadikan sebagai scanner, menjadi printer, dan dapat juga menjadi mesin fotocopy.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Scanner Beserta Jenis Scanner Lengkap yang di jelaskan oleh studinews. Dengan mesin scanner kita dapat mengcopy objek yang kita perlukan untuk dapat kita simpan sendiri. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 3 votes