√ Pengertian Sosialisasi Beserta Proses Dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Pengertian Sosialisasi Beserta Proses Dan Fungsinya Lengkap – Manusia pada umumnya adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, maksudnya kita sebagai Manusia harus berinteraksi kepada Manusia lain untuk dapat bertahan hidup.

Interkasi yang di lakukan oleh seseorang akan dapat mempengaruhi kehidupannya di kemudian hari karena dengan melakukan interaksi tersebut maka Manusia itu melakukan proses sosialisasi. Sosialisasi yang di lakukan dapat membuatnya di terima dengan baik oleh masyarakat luas.

Pengertian Sosialisasi Beserta Proses Dan Fungsinya Lengkap

Seseorang yang hidup di dunia ini di wajibkan melakukan proses sosialisasi karena ini sangatlah penting bagi dirinya. Untuk dapat mengerti tentang apa itu sosialisasi akan di jelaskan dengan proses dan juga fungsinya sebagai berikut.

Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi merupakan suatu proses belajar seseorang untuk dapat menenal dan menghayati tentang norma-norma dan nilai-nilai yang ada serta dapat membuat sikap seseorang di tengah-tengah masyarakat. Pengertian sosialisasi di dalam kamus bahasa Indonesia adalah berupa proses belajar seseorang anggota masyarakat agar dapat mengenal dan juga menghayati kebudayaan masyarakat di dalam lingkungannya.

Sosialisasi terjadi di kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari, proses sosialisasi dapat kita kenal dengan sebutan bergaul. Bergaul yang di sebutkan dapat membuat Manusia mendapat suatu pengalaman, pengetahuan tentang nilai dan norma di masyarakat, dan dapat mempelajari pola kehidupan Manusia di dalam lingkungan hidupnya.

Proses Sosialisasi

Sosialisasi merupakan suatu proses yang dapat memungkinkan individu belejar mengenai sikap, nilai, atau tindakan yang harus di lakukan yang dianggap tepat di suatu masyarakat atau di dalam kebudayaan tertentu. Proses yang di lakukan dalam bersosialisasi adalah:

Baca Juga:  Pengertian Hukum, Tujuan, Jenis-Jenis, Macam-Macam Terlengkap

Proses Internalisasi

Proses ini merupakan proses yang sangat panjang dan terjadi seumur hidup hingga ajal menjemput. Proses ini merupakan proses pembelajaran dimana ia akan dapat membentuk kepribadian dnegan melalui perasaan, nafsu, dan juga emosi yang akan di perlukan sepanjang hidupnya.

Proses Sosialisasi

Proses ini merupakan proses yang di lakukan oleh seseorang untuk mendapat pembentukkan sikap perilakunya yang mereka dapatkan sesuai dengan sikap prilaku kelompoknya.

Proses Inkulturasi

Proses ini merupakan proses pembudayaan yang di dapatkan seseorang untuk dapat mempelajari dan menyesuaikan alam pikirannya dan sikap perilakunya terhadap adat istiadat, dengan system norma, dan juga peraturan yang ada di dalam kebudayaannya.

Sosialisasi terjadi dengan melalui interaksi seseorang dengan orang lain, seseorang tersebut data belajar dari seseoreang yang dekat dengannya seperti keluarganya, teman, guru, serta orangorang yang ada di lingkungannya.

Pengertian Sosialisasi Beserta Proses Dan Fungsinya Lengkap

Fungsi Sosialisasi

Sosialisasi memiliki fungsi sebagai pembelajaran nilai dan norma yang ada di masyarakat guna membentuk prilaku dan kepribadiannya dengan masyarakat. Fungsi sosialisasi adalah sebagai berikut:

  1. Dapat membentuk pola pikir seseorang.
  2. Dapat menjaga ketentraman hidup di dalam masyarakat.
  3. Dapat menjaga integrasi kelompok di dalam masyarakat.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Sosialisasi Beserta Proses Dan Fungsinya Lengkap yang di jelaskan oleh studinews. Dengan melakukan sosialisasi kita dapat mengerti bagaimana cara bergaul di dalam masyarakat luas. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes