√ Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap

Posted on

Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap – Dalam pergerakan pastinya akan dapat menimbulkan dampak entah itu kepada dirinya atau kepada benda lain. Gerakan dapat membuat kita menjadi sekarang ini.

Tidak hanya makhluk hidup saja yang dapat bergerak tetapi bumi pun dapat bergerak tanpa kita sadari. Gerakan yang di berikan bumi dapat kita rasakan dengan jelas da nada pula yang tidak dapat kita rasakan karena tempatnya yang jauh.

Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap

Gerakan bumi atau tektonisme ini dapat memberikan dampak kepada kulit bumi yang ada di bagian atas bagain bumi. Untuk dapat mengerti tantang apa itu gerak tektonisme akan di jelaskan beserta jenis-jenisnya lengkap sebagai berikut.

Pengertian Tektonisme

Tektonisme merupakan tenaga yang dapat mempengarhi permukaan bumi yang asal tenaga tersebut adalah dari bumi itu sendiri. Tektonisme merupakan sebuah proses yang ada di dalam bumi yang terjadi karena adanya pergerakan, lipatan, pengangkatan, dan juga patahan yang ada pada lempengan tanah yang ada di dalam perut bumi.

Dalam proses tektonisme ini merupakan pendorongan permukaan bumi dengan gerak horizontal dan juga vertical yang akan dapat menghasilkan lipatan yang membuat lapisan tersebut akan mengerut dan melipat hingga dapat membuat lapisan bumi ini menjadi retak dan akhirnya patah.

Jenis-Jenis Tektonisme

Tektonisme dapat di bedakan berdasar kecepatan geran dan luas daerah jangkauannya, berikut adalah jenis gerakannya:

1. Epirogenetik

Gerakan epirogenetik merupakan gerakan pembentuk kontinen atau benua yang prosesnya dapat memberi dampak naik turunnya lapisan di kulit bumi dengan menyebabkan tenaga tektonik yang relatif lebih lambat dengan arah vertical dan telah berlangsung cukup lama di daerah yang luas. Gerakan ini di bedakan menjadi dua macam yaitu:

Baca Juga:  √ Pengertian Batuan Dan Jenis-Jenis Batuan Terlengkap
  • Gerak Epirogenetik Positif
    Gerakan ini merupakan gerakan yang akan mengakibatkan lapisan kulit bumi menurun yang membuat permukaan air laut akan dapat terlihat naik.
  • Gerakan Epirogenetik Negatif
    Gerakan ini merupakan gerakan yang akan dapat mengakibatkan lapisan kulit bumi naik yang membuat permukaan air laut menurun.
Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap
Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap

2. Gerak Orogenetik

Gerak orogenetik ini merupakan gerakan lempeng tektonik yang lebih cepat dan dapat mengcangkup wilayah yang kecil di dalam kulit bumi. Dalam gerakan ini pada umumnya di ikuti dengan proses pelengkungan danjuga lipatan kareda dapat di sebabkan dari tekanan tektonik yang arahnya mendatar di dalam lapisan batuan lentur yang membuat gunungan patahan dan gunungan lipatan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Tektonisme Dan Jenis-Jenis Tektonisme Lengkap yang di jelaskan oleh studynews. Gerakan tektonik ini merupakan gerakan yang berasal dari dalam bumi dan membuat kulit bumi menimbulkan dampak yang di akibatkannya. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 4 votes