√ Pengertian VGA Card Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Posted on

Pengertian VGA Card Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap – Dalam setiap komputer pasti terdapat elemen atau komponen penyusunnya yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya agar dapat menyala komputer itu.

Komponen atau elemen tersebut dapat kita amati masing-masing dan memiliki kegunaanya tersendiri. Komponen yang penting untuk dapat mengidupkan komputer salah satunya adalah VGA card.

Pengertian VGA Card Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

VGA card merupakan salah satu komponen yang sangat pernting apa lagi bagi user atau pengguna yang menggunkan komputer untuk dapat mengerjakan pekerjaannya. Untuk dapat mengerti tentang apa itu VGA Card akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian VGA Card

VGA Card merupakan VGA atau Video Graphics Accelerator yang berbentuk kartu dengan fungsinya sebagai pengolah grafis yang akan di tampilkan di layar komputer atau laptop. Di dalam VGA terdapat juga prosessor yang di namakan dengan GPU atau Graphics Processing Unit dan dalam kerjanya memerlukan memory.

VGA yang berbentuk kartu ini berfungsi untuk dapat menerjemahkan apa yang akan di keluarkan oleh komputer ke monitor atau layar. Proses desain grafis ini dapat memberikan kemudahan untuk melakukan pekerjaan berat seperti editing video atau bermain video games, dan yang lain-lain.

Baca Juga:  √ Pengertian WWW, Sejarah, Fungsi dan Contoh (Pembahasan Lengkap)

Jenis-Jenis VGA

VGA di dalam komputer memiliki jenis-jenis yang diantaranya:

VGA Card ISA

Ini merupakan jenis dari kartu VGA yang dapat di masukkan di dalam slot ekspansi ISA atau Industry Standard Architecture yang berupa bus dengan system I/O 8-bit atau berupa 16-bit.

VGA Card EISA

Ini merupakan jenis dari kartu VGA yang dapat di masukkan pada slot ekspansi EISA atau Extended Industry Standard Architecture yang berupa bus dengan system I/O 32-bit.

VGA Card PCI

Ini merupakan jenis dari kartu VGA yang dapat di masukkan pada slot ekspansi PCI atau Peripheral Component Interconnect yang berupa bus dengan system I/O 32-bit atau pada system 64-bit.

VGA Card AGP

Ini merupakan jenis dari kartu VGA yang dapat di masukkan pada slot ekspansi AGP atau Accelerated Graphics Port yang berupa bus dengan system I/O 128-bit atau pada system 256-bit.

VGA Card PCI Ekspress

Ini merupakan jenis dari kartu VGA yang dapat di masukkan pada slot ekspansi PCI ekspansi atau Peripheral Component Interconnect Express yang berupa bus dengan system I/O yang berkecepatan transfer hingga mencapai 32 GByte/s.

Kelebihan VGA

Kelebihan yang di miliki oleh VGA Card berbeda sesuai dengan jenis dari VGA tersebut yaitu adalah:

VGA Card On-Board

VGA jenis ini telah menjadi satu atau menempel di papan mainboard atau motherboard yang akan dapat di pastikan tidak akan menjadi masalah pada komputer ketika sedang di gunakan. VGA ini di berikan gratis karena setiap membeli motherboard maka sudah pasti terpasang VGA ini.

VGA card add-on

VGA berjenis ini memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan pekerjaan renderinya dengan kapasitas berat dan tidak memrlukan atau memakan memori utama komputer atau yang di sebut RAM yang berada di CPU. Proses yang di lakukan tidak membebani memori atau ram utama yang membuat pekerjaan lainnya tidak akan terganggu dan sangat cepat ketika melakukan proses apa pun.

Baca Juga:  √ Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya (Lengkap)

Pengertian VGA Card Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Kekurangan VGA

Kekurangan yang di miliki oleh VGA Card berbeda sesuai dengan jenis dari VGA tersebut yang diantaranya:

VGA Card On-Board

VGA jenis ini memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki memory sendiri yang akan menyebabkan pemotongan dari memori CPU yang di kenal sebagai RAM atau Random Access Memory. Hal ini dapat menyebabkan proses yang di lakukan oleh komputer akan melambat jika RAM yang di milikinya terbatas.

VGA card add-on

VGA berjenis ini memiliki kelemahannya seperti harganya yang mahal membuat para peminatnya harus mengeluarkan uang lebih belum untuk membeli ramnya juga. Tegangan yang di perlukanpun sangat banyak yang membuat power supply yang di butuhkan harus besar pula jika tidak komputer akan dapat mengalami kendala ketika di operasikan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian VGA Card Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap yang di jelaskan oleh studinews. Dengan memilih VGA card yang tepat kita dapat mengukur kemampuan komputer yang kita miliki sendiri. Semoga bermanfaat 🙂

5 (100%) 3 votes