√ Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya (Lengkap)

Posted on

Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya (Lengkap) – Dalam kehidupan kita saat ini, kita tidak dapat terlepas dari yang namanya komputer. Komputer sendiri menjadi suatu benda yang harus ada di dalam suatu perusahaan atau pekerjaan.

Dalam komponen yang ada di dalam komputer dapat kita perbaharui dan dapat kita modifikasi sesuai dengan jaman atau era saat ini. Komputer dapat kita sesuaikan dengan seperti apa pekerjaan atau kebutuhan yang kita perlukan.

Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya (Lengkap)

Maka dari itu di perlukan rekaya perangkat komputer agar komponen dan komputer kita dapat terupdate dengan perangkat yang ada saat ini. Untuk dapat megerti tentang apa itu rekayasa perangkat lunak akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak merupakan suatu perubahan perangkat lunak yang di gunakan untuk dapat mengembangkan, memelihara, dan juga membangunnya kembali dengan menggunakan prinsip dari rekayasa sendiri yang dapat menghasilkan suatu perangkat lunak yang dapat berkerja dengan lebih baik dan lebih efisien dalam penggunaanya.

Rekayasa perangkat lunak di dalam pelajaran sekolah-sekolah kejuruan sering di sebut dengan RPL. Rekayasa perangkat lunak merupakan menjadi suatu disiplin ilmu yang dapat di pergunakan untuk dapat menerapkan teori dasar dari beberapa bidang ke dalam suatu perangkat lunak yang akan dapat di gunakan atau untuk dapat di pakai menjadi suatu alat bantu dalam memecahkan suatu masalah dan dalam proses pengambilan keputusan.

Perangkat lunak sendiri atau yang sering di sebut dengan software merupakan suatu program yang ada di dalam komputer yang berfungsi untuk menjadi suatu sarana interaksi antara pengguna dengan perangkat keras atau hardware. Software juga dapat di kenal sebagai penerjemah yang berguna untuk memerintahakan apa yang di perintahkan oleh user untuk selanjutnya di teruskan ke hardware.

Baca Juga:  √ Pengertian Hyperlink Beserta Fungsi Hyperlink (Lengkap)

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak sendiri memiliki tujuan yaitu

  1. Untuk memperoleh biaya produksi menjadi lebih rendah (software)
  2. Untuk menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kinerja yang lebih tinggi serta handal dan dapat tepat waktu
  3. Untuk menghasilkan perangkat lunak di segala jenis platform dapat berkerja.
  4. Untuk dapat menghasilkan perangkat lunak dengan perawatan yang murah dan juga terjangkau

Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya Lengkap

Kriteria Rekayasa Perangkat Lunak

Kriteria dalam merekayasa perangkat lunak yang diantaranya adalah

  1. Maintainability atau dapat terus di rawat.
  2. Dependability atau dapat mengikuti perkembangan.
  3. Robust atau dapat mengikuti permintaan pemakai.
  4. Usability atau dapat memenuhi kebutuhan yang di inginkan oleh user.
  5. Efektif dan juga efisien dalam penggunaan.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak Beserta Tujuannya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan rekayasa perangkat lunak komputer kita akan dapat memperbaharui komponen komputer kita dan dapat dengan mudah merawat komputer yang kita miliki. Semoga bermanfaat 🙂

5 (100%) 10 votes