√ Pengertian Administrasi Kepegawaian Beserta Fungsinya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Administrasi Kepegawaian Beserta Fungsinya (Lengkap) – Di dalam menjalankan perusahaan banyak yang harus di perhatikan dan yang merupakan hal terpenting yaitu mengenai karyawannya.

Karyawan yang baik dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik dan dengan kerja keras para pegawai atau pekerjanya akan membuat target yang telah di rancang sebelumnya akan mudah di capai.

Maka di perlukannya administrasi kepegawaian yang dapat membantu para pegawai yang ada di dalam suatu perusahaan. Untuk dapat mengerti tentang apa itu administrasi kepegawaian akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Administrasi Kepegawaian Beserta Fungsinya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian administrasi kepegawaian terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian merupakan seluruh aktivitas atau pun kegiatan yang memiliki kaitan dengan masalah daari penggunaan tenaga kerja atau pegawai di dalam mencapai suatu tujaun. Administrator sendiri memiliki tujuan untuk dapat menyusun dan juga mengendalikan segala aktivitas yang di miliki untuk dapat mengembangkan, memelihara, mendapatkan, dan juga mengguanakan para pegawai sesuai dengan beban yang di milikinya untuk dapat mencapai suatu tujuan organisasi atau perusahaan yang di tentukannya.

Fungsi Teknis Administrasi Kepegawaian

Fungsi yang di miliki oleh administrasi kepegawaian adalah

Fungsi Manajerial

Fungsi manajerial ini merupakan fungsi yang berkaitan dengan pikiranj seperti pengorganisasian, perencanaan, pengarahan, dan juga pengendalian.

Fungsi Teknis

Fungsi teknis ini merupakan fungsi yang berkaitan dengan segala macam yang berhubungan dengan fisik seperti konpensasi, pengadaan, pengembangan, pemeliharaan, integrasi, atau juga pemensiunan.

Baca Juga:  Pengertian Uang, Sejarah, Fungsi, Syarat, Jenis-Jenis, Teori Terlengkap

Fungsi Umum Administrasi Kepegawaian

Fungsi yang di miliki oleh administrasi kepegawaian diantaranya adalah:

Perencanaan awal

Merupakan proses yang dapat menjadi penentu dari segala macam kebutuhan pegawai di masa yang akan datang dengan berdasar kepada pegawai yang telah ada.

Pengorganiasaian pegawai

Merupakan penetapan, menggolongkan, dan juga mengatur berbagai aktivitas atau sautu kegiatan yang di anggapnya penting seperti apda penetapan tugas seseorang, menentukan wewenang seseorang dan yang lainnya.

Pengarahan Pegawai

Banyak teori serta keyakinan yang dapat memotivasi pegawai dengan cara keseluruhan tidak adanya kesepakatan mengenai apa yang dapat memotivasinya. Memotivasinya dengan menjelaskan seperti bagaimana menjadi pegawai, apa saja tugasnya, dan yang lainnya.

Pengertian Administrasi Kepegawaian Beserta Fungsinya Lengkap

Dapat memastikan hubungan pegawai

Hubungan yang di lakukan seperti tentang penghargaan dan juga harus di pastikan setiap hubungan dan di informasikan kepada para pegawai.

Serta fungsi lain seperti:

  1. Memperlakukan semua pegawai dengan adil dan menilai obyektif pekerjaan mereka.
  2. Mengembangkan jenis penghargaan yang berbeda.
  3. Mendorong semangat para karyawan.
  4. Mengembangkan system kerja agar target dapat tercapai.
  5. Menghitung segala faktor yang ada seperti faktor sosial dan juga faktor lingkungan.
  6. Pengendalian pegawai dengan melakukan controlling.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Administrasi Kepegawaian Beserta Fungsinya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya administrasi kepegawaian akan membuat para karyawan atau pegawainya merasa nyaman untuk berkerja. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 10 votes