√ Pengertian Ilmu Sosial Menurut Para Ahli & Contoh Permasalahannya

Posted on

Pengertian Ilmu Sosial Menurut Para Ahli & Contoh Permasalahannya – Suatu kehidupan individu pastinya memiliki kehidupan sosialnya karena kita sebagai Manusia tidak dapat hidup sendiri atau merupakan makhluk sosial.

Dalam menjalani kehidupan sosialnya setiap individu pastinya akan sedikit mengalami masalah dalam menjalaninya. Masalah yang di hadapi akan dapat sedikit di ringankan dengan menggunakan ilmu sosial yang di pelajarinya.

Pengertian Ilmu Sosial Menurut Para Ahli & Contoh Permasalahannya

Ilmu sosial dapat di pelajari umumnya di perguruan tinggi atau yang sederajat dengan semakin tingginya pendidikan maka permasalahan akan dapat di lihat mejadi suatu yang ilmiah. Untuk dapat mengerti tentang apa itu ilmu sosial akan di jelaskan di bawah ini.

Pengertian Ilmu Sosial

Ilmu sosial merupakan suatu ilmu yang di dalamnya terdapat semua unsur yang ada di dalam kehidupan kita seperti sifat individu atau sikap seseorang, interaksi individu dengan individu lain, interaksi individu dengan kelompoknya, dan juga interaksi kelompok dengan kelompok lain.

Ilmu sosial dasar merupakan suatu pengetahuan yang menjelaskan tentang berbagai masalah yang ada di kehidupan sosial yang khususnya dapat di wujudkan oleh para masyarakat umum dengan menggunakan segala pengertian berikut teori, fakta, dan konsep yang berasal dari bermacam-macam bidang ilmu pengetahuan diantaranya sosiologi, sejarah, geografi sosial, ekonomi, psikologi sosial, antropologi, dan yang lainnya.

Ilmu sosial dasar memiliki tujuan untuk dapat memberikan bantuan perkembangan pengetahuan atau juga wawasan tetnang pemikiran dan juga tentang kepribadian untuk dapat menambah wawasan dan juga pemikiran yang akan lebih luas mengenai sosial. Interaksi yang terjadi di dalamnya sering terjadi suatu konflik. Konflik ini memiliki artian luas yaitu tidak hanya mengenai masalah saja tatapi dapat juga seperti komunikasi yang dapat menimbulkan hubungan timbal balik. Ilmu sosial memiliki fungsi untuk dapat mempelajari hal itu juga.

Baca Juga:  √ Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap

Ilmu sosial tidak hanya dapat mempelajari akan interaksi balik yang terjadi antara setiap individu saja ajan tetapi dapat mempelajari bagaimana cara untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang kerap terjadi di antara individu atau dengan suatu kelompok. Karena pada umumnya setiap kehidupan pastinya memiliki masalah dan di ilmu sosial ini dapat memberikan suatu peranan penting karena di dalamnya dapat mengacu beberapa aspek seperti contohnya politik, moral, dan yang lainnya.

Pengertian Ilmu Sosial Menurut Beberapa Ahli

Pengertian sosial banyak sekali dan berikut adalah penjelasan dari beberapa ahli di bidangnya yaitu:

Peter Herman

Sosial merupakan suatu yang dapat di pahami menjadi suatu perbedaan akan tetapi menjadi suatu kesatuan.

Achmad Sanusi

Ilmu sosial merupakan bagian yang terdiri dari disiplin, disiplin yang ada di ilmu pengetahuan sosial memiliki taraf akademis dan pada umumnya dapat di pelajari pada perguruan tinggi dan ketika di lanjutkan akan semakin ilmiah.

Gross

Ilmu sosial adalah suatu disiplin intelektual yang dapat mempelajari akan Manusia yang menjadi makhluk sosial secara ilmiah, dapat memusatkan Manusia sebagai anggota masyarakat dan ada di dalam kelompok atau menjadi masyarakat yang telah di bentuknya.

Pengertian Ilmu Sosial Menurut Para Ahli Beserta Contoh Permasalahannya

Contoh Permasalahan

Permasalahan yang sering terjadi di masyarakat diantaranya adalah:

Individu

Setiap individu memiliki ego yang akan dapat muncul pada saat itu dan saat itu juga dapat  mendatangkan masalah bagi individu tersebut.

Kelompok

Pada saat masalah yang terjadi menjadi urusan atau mengenai permasalahan orang banyak, inilah masalah yang harus dapat di hadapi oleh kelompok tersebut.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Ilmu Sosial Menurut Para Ahli & Contoh Permasalahannya yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya ilmu sosial maka akan dapat memberikan pendidikan atau pengetahuan mendalam mengenai apa saja yang menyangkut tentang kehidupan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Pengertian Keluarga, Tugas, Fungsi, Bentuk, Macam-Macam, Ciri-Ciri Terlengkap
5 (100%) 8 votes