√ Pengertian Paragraf Deduktif Beserta Ciri-Ciri & Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Deduktif Beserta Ciri-Ciri & Contohnya Lengkap – Bahasa Indonesia memiliki banyak sekali kalimat atau kata yang dapat di satukan dan di kumpulkan menjadi suatu paragraph yang dapat memberikan arti tersendiri.

Paragraph sendiri memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah paragraph deduktif. Paragraph jenis deduktif ini berbeda dengan paragraph jenis yang lainnya karena memiliki beberapa ciri khusus di dalamnya.

Pengertian Paragraf Deduktif Beserta Ciri-Ciri & Contohnya Lengkap

Dalam membuat suatu paragraph deduktif kita harus memperhatikan beberapa hal yang wajib di pahami. Untuk dapat mengerti tentang apa itu paragraph deduktif akan di jelaskan lebih lanjutnya di bawah ini .

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraph deduktif merupakan suatu paragraph yang di awali dengan menggemukkan atau memaparkan suatu persoalan pkok atau yang merupakan kalimat topic dengan di ikuti oleh kalimat-kalimat sebagai penjelasnya.

Paragraph deduktif merupakan paragraph yang di awal dari kalimatnya menggunakan penggemukan persoalan pokok atau dengan menggunakan kalimat yang umu  di gunakan setelah itu baru di ikuti oleh kalimat-kalimat yang dapat di gunakan sebagai penjelasnya dengan sifatnya yang khusus. Inti dari paragraph ini memiliki suatu kalimat pokok atau pada awal paragraph terdapat kalimat utamanya.

Paragraph memiliki artian sebagai bentuk satuan bahasa yang terdapat beberapa kalimat dengan susunan runtut dan juga logis di dalam satuan ide yang telah tersusun lengkap, rapi, dan utuh.

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

Paragraph deduktif memiliki beberapa ciri-ciri yang diantaranya adalah:

Baca Juga:  √ Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Unsur, Fungsi & Strukturnya

1. Memiliki kalimat utama atau pokok yang berada di awal paragraph.

2. Memiliki kalimat yang tersusun atas penyataan umum lalu di ikuti dengan kalimat penjelasnnya.

Contoh Paragraf Deduktif

Berikut adalah contoh paragraph deduktif yang diantaranya:

Contoh pertama

Siang hari tadi sepeda motor di parkiran menghilang. Masih belum di ketahui bagaimana hilangnya dan siapa yang mengambilnya, dugaan terbesar saat ini adalah tertinggalnya kunci motor yang menempel atau terpasang di sepeda motor tersebut.

Pengertian Paragraf Deduktif Beserta Ciri-Ciri Dan Contohnya Lengkap

Contoh kedua

Sampah ada di sekitar kita. Sampah dengan jenis plastic sangatlah sulit untuk dapat terurai dengan cara yang alami. Kondisi ini yang membuat sampah semakin menumpuk dan membuat limbah sampah semakin menggunung. Cara untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mendaur ulang.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Paragraf Deduktif Beserta Ciri-Ciri & Contohnya Lengkap yang di jelaskan oleh studinews. Paragraph deduktif merupakan salah satu jenis paragraph yang ada di dalam bahasa Indonesia yang saling berkaitan dengan kalimat yang kita buat sehari-hari. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 10 votes