√ Pengertian Transaksi Beserta Bukti Transaksi (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Transaksi Beserta Bukti Transaksi (Pembahasan Lengkap) – Di dalam melakukan suatu kegiatan atau aktivitas yang berharga maka memerlukan bukti untuk dapat memberikan kita kekuatan untuk dapat membuktikan bahwa kita benar.

Kegiatan yang memerlukan bukti adalah pada saat kita melakukan transaksi atau pertukaran alat benda yang memiliki nilai. Dalam melakukan transaksi kita di harapkan agar dapat dengan cermat memikirkan apakah kegiatan yang di lakukan memberikan manfaat baginya.

Pengertian Transaksi Beserta Bukti Transaksi (Pembahasan Lengkap)

Dalam melakukan transaksi kita memerlukan bukti yang dapat menjadi alat jaminan akan transasksi yang kita lakukan. Untuk dapat megnerti tentang apa itu transaksi dan juga bukti transaksi akan di jelasakan sebagai berikut.

Pengertian Transaksi

Transaksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang dapat menimbulkan perubahan akan posisi yang berkaitan dengan harta keuangan seperti pada penujualan, membayar biaya produksi, dan yang lainnya.

Administransaksi merupakan bentuk kegiatan yang mencatat segala perubahan yang ada dan berkaitan dengan posisi keuangan yang di miliki perusahaan yang di lakukannya dengan kronologis, metode yang di gunakan dapat memberikan hasil pencatatan sehingga dapat di komunikasikan kepada pihak yang memerlukannya.

Transaksi keuangan merupakan suatu kegiatan yang menyangkut ekonomi dan dapat di ukur dengan menggunakan satuan uang tertentu sehingga dapat membuat perubahan posisi keuangan yang di miliki oleh perusahaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor dan Contohnya

Transaksi bisnis dapat merupakan suatu fenomena atau kejadian ekonomi yang di dapat dari suatu kegiatan bisnis yang membuat pengaruh kepada kondisi keuangan akan suatu bisnis serta ini juga merupakan suatu kegiatan mendasar tentang mendefinisikan status diadalam bisnis.

Pengertian Transaksi Beserta Bukti Transaksi Lengkap
Pengertian Transaksi Beserta Bukti Transaksi Lengkap

Bukti Transaksi

Bukti trasaksi merupakan suatu bukti yang dapat membuktikan akan terjadinya suatu kegiatan transaksi yang telah di lakukan di suatu perusahaan, bukti ini dapat berupa bukti tertulis.

Fungsi dari bukti transaksi ini adalah ketika pada suatu hari terjadi kesalahan atau sengketa maka akan dapat di gunakan bukti ini sebagai alat bukti terjadinya suatu transaksi. Berikut adalah bukti transaksi yang di berdakan menjadi:

Bukti Internal

Bukti jenis ini dapat merupakan suatu pencatatan yang terjadi di dalam perusahaan itu yang pada umumnya dapat berupa memo yang dapat di berikan kepada pimpinan atau orang yang memiliki kepentingan.

Bukti Eksternal

Bukti jenis ini merupakan suatu pencatatan yang di lakukan dengan pihak dari luar perusahaan. Bukti itu adalah:

Faktur

Yang merupakan perhitungan penjualan barang yang di berlakukan karena melakukan kredit yang di buat oleh pembeli dan penjual.

Kwitansi

Yang merupakan suatu bukti transaksi penerimaan uang yang di gunakan untuk membayar suatu barang atau yang lainnya.

Nota Debet

Merupakan suatu perhitungan atau juga pemberitahuan yang di kirimkan kepada suatu perusahaan kepada para konsumennya yang menyatakan bahwa akunnya telah di debet menggunakan uang dengan jumlah tertentu.

Nota Kredit

Merupakan suatu pemberitahuan kepada pelanggannya yang di berikan dari perusahaan atau badan usaha bahwasannya akunnya telah di kredit dengan jumlah debet tertentu.

Cek (cheque)

Merupakan surat perintah yang di keluarkan kepada bank untuk dapat membayarkan uang kepada seseorang atau lembaga tertentu yang dapat dilakukan waktu surat itu di serahkan kepada pihak bank dan telah di tandatangai oleh nasabah bank tersebut dengan bentuk giro.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Uang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Bilyet Giro

Merupakan surat perintah yang di berikan kepada bank yang memiliki hubungan dengan memindah bukukan sejumlah uang dari rekening nasabah tersebut kepada rekening penerima yang mananya telah ada didalam bilyet giro yang ada di bank yang sama atau di bank lain.

Rekening Koran

Merupakan suatu bukti yang di susun oleh pihak bank berbentuk mutasi yang dapat di gunakan untuk menyesuaikan pencatatan saldo kas yang berasal dari perusahaan dan juga saldo kas menurut bank.

Bukti Setor Bank

Merupakan bukti ayng menandakan bahwa kita atau nasabah telah menyetorkan sejumlah uang kepada bank.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Transaksi Beserta Bukti Transaksi (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan bukti transaksi kita dapat memiliki bukti yang kuat bahwa kita pernah melakukan suatu transaksi dengan yang bersangkutan. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 9 votes