√ Pengertian Wireless LAN Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Posted on

Pengertian Wireless LAN Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap – Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat dan tinggi dan kita tidak bisa meninggalkannya karena teknologi tersebut akan dapat memberikan kita kemudahan.

Kemudahan yang di berikan bermacam-macam seperti kecepatan dalam menerima informasi, dalam memberikan data, dan masih banyak yang lainnya. Dalam pertukaran data sekarang ini tidak memerlukan adanya perantara kabel lagi.

Maka pada saat ini banyak yang mengembangkan alat dengan bantuan wireless lan yang dapat memberikan kemudahan dalam mengoperasikan. Untuk dapat mngerti tentang apa itu wireless lan akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Wireless LAN Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Mari kita bahas pengertian wireless LAN terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Wireless LAN

Wireless LAN merupakan suatu jaringan komputer yang menggunakan suatu gelombang yang menjadi alat untuk mentransferkan data. Gelombang yang di gunakan adalah gelombang radio. Seluruh informasi yang ada di kirim menggunakan gelombang radio antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Wireless LAN atau wireleless local area network sering di sebut suatu jaringan nirkabel atau jaringan yang tidak menggunakan kabel dengan menggunakan gelombang radio sebagai media transfernya.

Komponen Wireless LAN

Komponen dari wireless lan atau wlan sendiri terdiri dari:

Mobile atau desktop pc

Ini merupakan suatu perangkat yang dapat di akses oleh user dan pada mobile pc tersebut pada umumnya telah terpasang port PCMCIA. Akan tetapi untuk pc jenis desktop harus dapat menambahkan komponen lain yaitu berupa wireless adapter dengan melalui PCI card atau dengan usb.

Baca Juga:  Pengertian SEO, Sejarah SEO, Tujuan SEO, Manfaat SEO, Konsep Dasar SEO Terlengkap

Access Point

Ini merupakan perangkat yang menjadi suatu sentral koneksi yang di gunakan dari user ke ISP, di dalam access point ini memiliki fungsi untuk dapat mengkonversikan sinyal frekuensi atau RF yang menjadi sinyal digital selanjutnya akan di salurkan melalui media kabel atau dapat jugan dengan media perangkat wireless lan lain degnan mengkonversikan gelombang radio.

Wireless Lan Interface

Ini merupakan peralatan yang di pasangkan kepada mobile atau pec desktop dengan peralatan yang di kembangkan degnan masal yang bentuknya berupa PCMCIA card, port usb ataupun menggunakan PCI card.

Antena

Ini merupakan antena eksternal atau tambahan yang dapat di pakai untukl dapat memancarkan daya yang di berikana tau di rancang sendiri oleh pengguna atau user.

Kelebihan Wireless Lan

Kelebihan yang di miliki oleh wireless lan adalah:

  1. Mobilitas Tinggi
  2. Mudah dan Cepat Instalasinya
  3. Fleksibel
  4. Harga Yang Murah
  5. Scalable

pengertian-wireless-lan-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya-lengkap

Kekurangan Wireless LAN

Kelemahan yang di miliki oleh wireless lan adalah :

  1. Keamanan datanya kurang terjamin
  2. Biaya peralatan yang mahal
  3. Delaynya lebih besar
  4. Gelombang radio yang terkadang terhalang, terpantul, dan memiliki banyak sumber interfensi
  5. Kapasitas dari jaringan memiliki batasan spectrum.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Wireless LAN Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap yang di jelaskan oleh Studinews. Dengan menggunakan wireless lan kita dapat mengirimkan data tanpa harus menggunakan perantara kabel lagi. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes