√ Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap) – Di dalam membuat teks eksemplum kita haruslah memikirkan dan memahami tentang apa yang akan kita perbuat atau apa yang akan kita tuliskan dan bentuk menjadi teks eksemplum yang baik.

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap)

Di dalam membuat suatu teks eksemplum yang baik kita haruslah memikirkan dengan baik da nada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Berikut adalah contoh dalam membuat teks eksemplum yang akan di berikan sebagai berikut.

Contoh Teks Eksemplum

Contoh dari kalimat eksemplum beserta strukturnya akan di berikan dengan lengkap seperti yang ada di bawah ini:

Contoh Teks Eksemplum 1 : Soto

Orientasi

Sepulang sekolah ketika itu merupakan saatnya makan siang. Aku pergi ke gang depan karena malas untuk berjalan jauh. Ternyata di sana aku bertemu dengan kakaku yang sedang membeli soto juga, sesampainya di rumah kakaku langsung saja memakan sotonya sedangkan aku akan mengunggu soto itu dingin dahulu.

Insiden

Aku sudah tidak sabar ingin memakan soto tersebut dan akhirnya aku membuka plastic soto yang masih panas tersebut. pada saat aku membuka plastik sotonya aku terlalu tergesa-gesa sehingga plastic yang telah aku gigit terbuka terlalu lebar dan membuat semua soto tumpah ke luar mangkuk yang aku sediakan dan membasahi celana dan bajuku.

Pada saat itu aku sangat malu di depan kakakku, setelah membantuku membersihkannya kakakku  berkata bahwa aku harus sabar dan hati-hati dan juga jangan tergesa-gesa sehingga soto itu tidak tumpah. Dan hasilnya aku tidak jadi makan siang.

Baca Juga:  Pengertian Unsur Intrinsik Cerpen Beserta Artinya Lengkap

Interperesentasi

Berdasarkan cerita itu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kita di dalam mengambil keputusan apapun tidak boleh tergesa-gesa dan haruslah berhati-hati serta dapat mempertimbangkan akibatnya.

Contoh Teks Eksemplum 2 : Tangga Kopi

Struktur Orientasi

Sepulang sekolah aku langsung pulang menuju kos tanpa mampir ke tempat yang biasa. Badan sudah capek karena aktivitas yang di lakukan seharian ini di sekolah. Di saat aku melihat dispenser yang ada di kamar kos, aku berfikir sepertinya akan nikmat sebelum berbaring di ranjang aku minum kopi terlebih dahulu. Kebetulan di saat itu aku memiliki persediaan kopi yang masih lumayan banyak.

Aku memanaskan dispenser sekitar 5 menit air hangat sudah tersedia. Kemudian aku mengambil kopi bubuk dan membuat kopi di gelas yang biasa.

Struktur Insiden

Kopi di gelas sudah siap untuk di minum dan aku ingin pergi berjalan ke kos yang ada di lantai 1 (kamarku ada di lantai 2) dengan membawa kopi yang telah di buat tadi. Aku beranikan membawa gelas yang berisi kopi penuh menuruni anak tangga akan tetapi karena gugup dalam menuruninya tanganku jadi tidak seimbang dan gemetar sehingga membuat gelas tersebut goyang.

Dan kopiku pun tumpah ke anak tangga yang mana anak tangga tersebut sering di gunakan anak kos untuk menuju lantai atas. Di saat itu untung saja tidak ada orang yang melewati anak tangga tersebut, sehingga aku dapat cepat-cepat membersihkan kopiku yang tumpah di anak tangga tersebut.

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya Lengkap

Struktur Interpretasi

Berdasar cerita tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa kita ketika membawa sesuatu terutama yang sangat rawan, kita haruslah berhati-hati dan tidak terlalu tergesa-gesa. Sehingga hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi.

Baca Juga:  Pengertian Motivasi, Tujuan, Konsep, Jenis-Jenis Terlengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya pemahaman akan bagaimana membuat teks eksemplum akan dapat memberikan kita pembelajaran dan dapat membuat teks eksemplum dengan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes