√ Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya (Bahas Lengkap) – Setiap makhluk hidup agar dapat bertahan hidup haruslah dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya dengan tujuan mempermudah dirinya.

Dalam mengenali lingkungan hidupnya dengan baik maka para makhluk hidup tersebut akan dapat membuat dirinya dapat bertahan hidup dengan baik. Maka untuk dapat bertahan hidup di lingkungannya di perlukan suatu adaptasi fisiologi.

Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya (Bahas Lengkap)

Adaptasi jenis ini dapat membuat para makhluk hidup mudah dalam mencari makanan, berlindung, dan sebagainya. Untuk dapat mengenali lagi apa itu adaptasi fisiologi akan di jelaskan dengan contoh-contohnya pada hewan dan tumbuhan lengkap sebagai berikut.

Pengertian Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan suatu cara yang di lakukan oleh makhluk hidup untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar dapat bertahan hidup dengan menggunakan fungsi kerja pada organ-organ tubuh yang di milikinya. Adaptasi jenis ini sangatlah sulit karena bagian yang dapat di amati adalah organ bagian dalam tubuh makhluk hidup tersebut.

Contoh Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi dapat di lakukan oleh makhluk hidup, makhluk hidup tersebut adalah hewan dan tumbuhan. Berikut adalah contoh adapatasi fisiologi pada:

Hewan

Yang terjadi pada hewan dapat di bedakan menjadi beberapa golongan yang diantaranya merupakan hewan pemakan daging atau karnivora, hewan pemakan tumbuhan atau herbivora, dan juga hewan pemakan segala yaitu omnivora. Di karenakan hal tersebut maka terdapat perbedaan yang terjadi seperti pada ukuran atau panjang usus serta enzim yang di milikinya pun berbeda-beda.

Baca Juga:  Pengertian Sistem Pernapasan Manusia, Alat Pernapasan, Jenis-Jenis Terlengkap

Seperti pada hewan yang memakan tumbuhan akan dapat mencerna tumbuhan dengan sel yang berdinding keras. Pada hewan ini terdapat usus yang memiliki panjang yang melebihi dari ukuran yang di miliki oleh hewan karnivora. Contoh lainnya adalah sebagai berikut:

  • Hewan dengan darah dingin dapat memiliki kecepatan dalam metabolism akan dapat menurun ketika berada di dalam daerah dengan hawa yang dingin. Sebaliknya hewan dengan darah yang panas akan merasakan hal yang sama ketika berada di daerah dengan suhu panas.
  • Hewan unta dapat bertahan hidup di gurun dengan sedikit air karena memiliki cadangan air di dalam kantung yang ada di punuknya.
  • Burung hantu mempunyai mata dengan pengelihatan yang tajam di malam hari yang dapat membuatnya mudah dalam mencari makanan.
  • Ikan yang dapat hidup di laut akan dapat mengeluarkan urin dengan kapasitas yang pekat dari pada ikan yang biasa hidup di air tawar.
  • Hewan sejenis musang dapat mengeluarkan cairan yang bau dari duburnya dengan guna untuk dapat melindungi dirinya dari serangan musuh.
  • Hewan sejenis tupai dapat mengekstrak air dari biji-bijian yang membuat hewan tersebut dapat bertahan hidup di tempat yang kering.
  • Bunglon berkemampuan mimikri yang membuat tubuhnya dapat berubah warnanya sesuai dengan keadaan di lingkungannya atau juga di tempat tinggalnya. Bunglon merubah warna kulitnya agar dapat terhindar dari para pemanggsa atau musuhnya serta dapat membantunya dalam mencari makanan dengan menyamar.
  • Nyamuk memiliki kemampuan dalam menghisap darah pada hewan lain seperti pada Manusia atau pada hewan lain dengan baik. Hal ini karena nyamuk memiliki zat anti beku yang dapat membuat darah membeku yang di sebut dengan zat antikoagulan.
Baca Juga:  √ Pengertian Ekosistem, Komponen Pembentuk dan Tipenya Lengkap

Tumbuhan

Contoh adaptasi fisiologi yang terjadi di tumbuhan diantaranya adalah:

  • Pohon pisang dengan daun lebar dan tipis yang terlapisi oleh zat lilin dengan guna utnuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya.
  • Pohon pakis dengan daun mudanya yang menggulung agar dapat beradaptasi dnegan lingkungannya yang lembab.
  • Pohon bakau memiliki akar yang menggantung dengan fungsi agar dapat mengambil udara karena menyesuaikan dengan lingkungannya yang berada di daerah pasang surut.
  • Tumbuhan kantung semar memiliki zat asam yang dapat memangsa serangga yang masuk ke dalam daunnya.
  • Tumbuhan enceng gondok dan juga kangkung dapat bertahan hidup di air dengan memiliki batang yang berongga.
  • Tumbuhan dengan biji dikotil mempunyai mahkota bunga yang indah degnan fungsi untuk dapat menarik perhatian serangga dan dapat membantunya dalam melakukan penyerbukan.
  • Tumbuhan yang memiliki bunga akan menghasilkan snektar yang dapat menarik serangga yang dapat membantu dalam proses penyerbukan.

Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adaptasi fisiologi yang di lakukan oleh para mahluk hidup dapat membuat para makhluk hidup tersebut mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 4 votes