√ Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan kali inikita akan mulai membahas mengenai akuntansi keuangan. Sebagian kalangan masyarakat tentu sudah pernah mendengar mengenai akuntansi keuangan.

Namun apakah kita sudah mengetahui arti yang sesungguhnya dari akuntansi keuangan itu sendiri? Disini kita akan membahasnya karena akuntansi merupakan suatu hal yang sangatlah penting, apalagi untuk suatu perusahaan. Karena dengan adanya akuntansi keuangan kita bisa mengetahui seberapa besar pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan oleh perusahaan.

Selain itu akuntansi juga bisa untuk membantu untuk pengambilan keputusan yang mana berkaitan dengan setiap kegiatan ekonomi dan juga keuangan. Dan karena itulah disini kita akan mengulas secara keseluruhan mengenai akuntansi keuangan agar dapat membantu para pembaca yang ingin mengetahui tentang akuntansi keuangan. Oleh karena itu mari sama-sama kita simak dengan baik pembahasan yang akan menjelaskan tentang akuntansi keuangan dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian akuntansi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi keuangan merupakan sebuah bagian dari akuntansi yang mempunyai hubungan dengan suatu penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar,diantaranya seperti para pemegang saham, pemasok, kreditor dan yang lainnya. Atau bisa juga untuk diartikan sebagai sebuah sistem yang juga mengatur berbagai macam dari pencatatan dari transaksi yang dilakukan oleh suatu perusahaan hingga sampai menyusun laporan keuangan tentang transaksi yang terjadi.

Akuntansi keuangan yang merupakan bagian dari akuntansi yang juga menghasilkan informasi dalam sebuah bentuk laporan keuangan yang mana laporan tersebut ditujukan kepada pihak-pihak luar misalkan seperti pemegang sahan dan juga pajak. Akuntansi keuangan juga merupakan salah satu bidang akuntansi yang juga berkaitan dengan sebuah transaksi-transaksi keuangan yang khususnya berhubungan dengan perubahan aset, ekuilitas atau juga kewajiban dari perusahaan.

Baca Juga:  Pengertian Uang, Sejarah, Fungsi, Syarat, Jenis-Jenis, Teori Terlengkap

Maka dapat kita simpulkan bahwa akuntansi keuangan merupakan sebuah kegiatan yang juga meliputi tentang sebuah proses pencatatan hingga penganalisaan dari data-data keuangan suatu perusahaan dan juga produk yang telah dihasilkan dari suatu kegiatan tersebut yang berupa laporan keuangan. Dan laporan keuangan tersebut terdiri dari pelaporan keuangan yang juga digunakan bagi kepentingan dari pihak internal perusahaan ataupun bagi kegiatan dari pihak eksternal perusahaan.

Fungsi Akuntansi Keuangan

Setelah membahas tentang pengertian dari akuntanis keuangan, kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai fungsi dari akuntansi keuangan. Oleh karenaitu harus tetap menyimak dengan baik apa saja fungsi dari akuntansi keuangan yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Dapat memberikan sebuah informasi tentang keuangan dari sebuah organisasi ataupun perusahaan.
  2. Dapat melihat bagaimana keadaan keuangan dari perusahaan dan juga perubahan apa yang sudah terjadi di dalam perusahaan atau organisasi.
  3. Dapat membantu untuk pengambilkan keputusan yang dapat mmempengaruhi dari keadaan suatu perusahaan.
  4. Untuk dapat mengetahui dan juga menghitung laba ataupunrugi yang sudah diperoleh perusahaan.
  5. Dapat memberikan sebuah informasi yang bisa berguna bagi manajemen perusahaan.
  6. Bisa membantu supaya dapat menetapkan hak masing-masing nagi setiap pihak yang mempunyai lkepentingan di dalam sebuah perusahaan, baik itu pihak internal atau juga pihak eksternal.

Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya Lengkap

Sekian penjelasan yang diberikan mengenai Pengertian Akuntansi Keuangan Beserta Fungsinya (Bahas Lengkap), akuntansi adalah sebuah hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan ataupun organisasi. Karena dapat membantu mengetahui keadaan keuangan dari perusahaan dan juga mengetahui laba dan rugi yang sudah diperoleh perusahaan. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes