√ Pengertian Demokrasi Beserta Macam-macam Demokrasi (Lengkap)

Posted on

Pengertian Demokrasi Beserta Macam-macam Demokrasi (Lengkap) – Suatu Negara jika di pimpin oleh pemimpin yang baik maka akan dapat memberikan kemajuan yang besar kepada rakyatnya dan memberikan pengaruh besar kepada dunia.

Pemimpin yang di pilih oleh rakyat akan memberikan keuntunga  yang lebih karena para rakyatnya memberikan dukungannya dengan sepenuh hati beda apabila pemilihan pemimpin di pilih dengan sendirinya tanpa adanya persetujuan dari rakyatnya.

Maka adanya demokrasi yagn membuat para rakyat memiliki suatu keukuasaan terhadapa para pemimpin atau kepada Negara. Untuk dapat mengerti apa itu yang di namakan dengan demokrasi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Demokrasi Beserta Macam-macam Demokrasi (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian demokrasi terlebih dahulu dengan sangat lengkap

Pengertian Demokrasi

Demokrasi merupakan suatu pemerintahan yang berasalkan dari rekyat. Demokrasi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu demos dan juga crotos. Demo berartikan penduduk dan kratos berartikan kekuasaan. Yang dari itu dapat di artikan bahwa demokrasi merupakan suatu pemerintahan atau kekuasaan yang ada di tangan rakyat.

Macam-Macam Demokrasi

Demokrasi memiliki beberapa macam jenisnya yang di bagi menjadi:

Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

Di demokrasi ini ada:

  1. Demokrasi Langsung
    Demokrasi ini merupakan sautu demokrasi yang di dalamnya melibatkan semua rakyat yang secara langsung ddi dalam membicarakan adau dapat menentukan juga urusan Negara. Ini terjadi di zaman yunani kuno di saat penduduknya masilah sedikit.
  2. Demokrasi Tidak Langsung
    Demokrasi ini merupakan suatu demokrasi yang menggunakan penyalur dalam memberikan kehendaknya, rakyat sendiri yang memilih wakilnya untuk dapat duduk di parlemen. Semua aspirasi rakyat dapat di sampaikan dengan melalui wakilnya di parlemen.
Baca Juga:  √ Pengertian DPD Beserta Tugas dan Wewenangnya (Pembahasan Lengkap)

Berdasarkan Hubungan Alat Kelengkapan Negara

Di demokrasi ini ada:

  1. Demokrasi perwakilan dengan system referendum
    Demokrasi ini merupakan rakyat yagn dapat memilih wakilnya untuk dapat duduk di parlemen akan tetapi di kontol oleng pengaruh yang di berikan rakyat dengan system referendum.
  2. Demokrasi perwakilan dengan system parlementer
    Demokrasi ini merpuakan suatu hubungan yang erat terjadi di antara badan eksekutif dan legislative. Menteri yang memiliki kekuasaan eksekutif dapat di angkat atas usul dari legislative sehingga memiliki tanggung jawab terhadap parlemen.
  3. Demokrasi perwakilan dengan system pemisahan kekuasaan
    Demokrasi ini merupakan kedudukan legislative yang terpisah dari eksekutif yang membuat kedua badan itu tidak berhubungan dengancara langsung seperti yang di lakukan di demokrasi parlementer. Para menteri di angkat oleh presiden dan memiliki kedudukan sebagai pembantu presiden yang bertanggung jawab atas presiden dan kedudukan presiden yagn menjadi kepala Negara dan juga kepala pemerintahan.
  4. Demokrasi perwakilan dengan system refendum dan inisiatif dari rakyat
    Demokrasi ini merupakan suatu gaungan dari demokrasi perwakilan dan juga langsung. badan perwakilan tetap ada akan tetapi di control oleh rakyat mau itu dengan melalui refendum yang bersifat obligator atau juga fakultatif.

Pengertian Demokrasi Beserta Macam-Macam Demokrasi Lengkap

Berdasarkan Pronsip Idiologi

di demokrasi ini ada:

  1. Demokrasi Liberal
    demokrasi ini merupakan suatu demokrasi yang menekankan kepada suatu kebebasan individu dengan cara mengabaikan kepentingan umum.
  2. Demokrasi Rakyat
    Demokrasi ini merupakan suatu demokrasi yang di dasari oleh suatu paham akan sosialisme atau komunis yang dapat mengutamakan suatu kepentingan dari Negara atau kepentingan umum.
  3. Demokrasi Pancasila
    Demokrasi ini merupakan demokrasi yang ada di Indonesia dengan bersumber dan tata nilai sosial dan juga budaya dari bangsa Indonesia dan juga berasaskan musyawarah untuk mengutamakan keseimbangan kepentingan.
Baca Juga:  √ Pengertian Warga Negara Dan Penduduk (Pembahasan Lengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Demokrasi Beserta Macam-macam Demokrasi (Lengkap) yang di jelasakan oeh studinews. Dengan adanya demokrasi akan membuat para rakyat dapat memilih wakilnya yang di percayai oleh mereka dapat mengutamakan kepentingan bersama. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes