√ Pengertian Frasa Beserta Ciri-Ciri Dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Frasa Beserta Ciri-Ciri Dan Jenisnya (Bahas Lengkap) – Di dalam mendalami sautu kata, kita pastinya akan menemukan banyak sekali variasi atau banyak sekali bermacam bentuk kata yang akan kita dapatkan.

Bentuk kata yang akan kita dapatkan bermacam-macam yang memang banyak sekali variasi atau jenis-jenisnya di dalam bahasa Indonesia. Salah satu jenis yang dapat kita pelajari adalah jenis frasa yang banyak kita temukan di dalam suatu kalimat.

Pengertian Frasa Beserta Ciri-Ciri Dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Frasa ini banyak kita temukan di dalam kalimat-kalimat atau paragraph yang ada di alam suatu cerita, drama, pernyataan, adan yang lainnya.

Pengertian Frasa

Frasa merupakan suatu himpunan kata yang membentuk kesatuan yang memiliki suatu fungsi sebagai unsur langsung dari susunan yang lebih besar. Tidak hanya itu frasa juga dapat di artikan sebagai suatu kata atau kelompok kata yang di dalamnya mendukung suatu kesatuan makna.

Ramlan mengemukakan frasa merupakan suatu satuan gramatik yang di dalamnya terdiri dari dua kata atau dapat lebih yang tidak melampaui batas dari fungsi unsur frasa. Yang artinya tidak melebihi batas fungsi frasa yang sebagai subjek, predikat, objek, pelengkap, atau juga keterangan.

Ciri-Ciri Frasa

Frasa memiliki ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan yang lain. Ciri-ciri tersebut adalah:

  1. Menduduki satu unsur saja yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap atau hanya keterangan saja. Seperti contohnya, andi melihat tv di ruang tamu. Gabungan dari kata di ruang tamu pada kalimat itu merupakan frasa yang menduduku suatu pola yaitu keterangan.
  2. Tidak membentuk makna baru. Seperti contohnya, andi melihat tv di ruang tamu. Ruang tamu merupakan ruangan tempat bertemu tamu atau bertamu (frasa).
Baca Juga:  √ 40 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Frasa Beserta Ciri-Ciri Dan Jenisnya Lengkap

Jenis-Jenis Frasa

Frasa memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

Frasa Setara atau Koordinatif atau Endosentik

Frasa ini merupakan jenis frasa yang memiliki sifat hubungan di antarkata yang pembentuknya setara. Seperti contohnya suami istri, tua muda, harta benda, dan meja kursi.

Frasa Bertingkat atau Subordinat atau eksosentrik

Frasa ini merupakan jenis frasa yang memiliki sifat hubungan antarkata yang pembentuknya bertingkat. Ini menjelaskan di antara pembentuknya aka nada yang merupakan unsur pusat dan juga unsur tambahan. Seperti contohnya dokter gigi, buku tulis, sangat aneh, dan jalan raya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Frasa Beserta Ciri-Ciri Dan Jenisnya (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Frasa menjadi salah satu jenis sastra yang ada di bahasa indonesia. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes