√ Pengertian Jaringan Kolenkim Dan Jaringan Sklerenkim (Lengkap)

Posted on

Pengertian Jaringan Kolenkim Dan Jaringan Sklerenkim (Lengkap) – Di dalam tumbuhan terdapat beberapa bagian yang memiliki banyak sekali manfaat dan juga fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri dan apa bila memilikinya akan dapat memberikan banyak kebaikan bagi tumbuhan itu.

Salah satunya adalah jaringan kolenkim dan juga jaringan sekrelin yang memberikan banyak sekali kegunaan bagi tumbuhan. Sebenarnya apa saja kegunaan dari jaringan kolenkim dan juga sekrelin akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Jaringan Kolenkim Dan Jaringan Sklerenkim (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian jaringan kolenkim terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim merupakan suatu jaringan penguat yang terutama terdapat di organ yang ada pada tumbuhan yang masih aktif dengan mengadakan pertumbuhan dan juga perkembangannya. Jaringan kolenkim sendiri terdiri dari sel-sel yang masih hidup dan memiliki bentuk yang memanjang dan juga pada umumnya memiliki dinding dengan penebalan yang tidaklah teratur.

Penebalan tersebut dapat terjadi di sudut-sudut dan terdiri di bagian atas bahan selulosa yang tebal. Pada jaringan kolenkim terdapat dinding primer yang lunak dan lentur saja dan juga tidak berlignin. Isi sel yang ada dapat mengandung tannin dan juga kloroplas. Kolenkim sendiri dapat di lihat pada batang, daun, bunga dan juga buahnya. Di dalam akar yang terkena sinar matahari dapat juga di temui kolenkim.

Ciri-Ciri Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim memiliki ciri-ciri yang diantaranya:

  1. Selnya memiliki bentuk memanjang sejajar dengan pusat organ yang di tempatinya.
  2. Dinding selnya tidak mengandung lignin kan tetapi di dalamnya mengandung pectin, selulosa, dan juga hemiselulosa.
  3. Sel kolenkim beberap amemiliki kloroplas yang dapat berfungsi menjadi penunjang fotosintesis.
  4. Di dinding selnya terdapat penebalan setempat.
Baca Juga:  √ Pengertian Adaptasi Fisiologi Beserta Contohnya (Bahas Lengkap)

Macam-Macam Jaringan Kolenkim

Jaringan kolenkim terdapat beberapa macam yang di bedakan berdasar bentuk penebalan dan juga letaknya, yang diantaranya adalah sebagai beriku:

  1. Kolenkim angular(sudut)

    Merupakan jaringan yang mengalami suatu penebalan di bagian-bagian  sudutnya. Jaringan ini dapat di temui di daun-daunan seperti pada tanaman seledri.

  2. Kolenkim lamellar (tangensial)

    Merupakan jaringan yang memiliki dinding sel menebal tangensial atau menjalar. Jaringan ini dapat menopang kekuatan lapisan bagian luar dari struktur tanaman seperti pada batang dan juga daun.

  3. Kolenkim annular

    Merupakan jaringan yang memiliki dinding sel menebal dengan merata. Ini merupakan jaringan kolenkim yang sangat langka yang dapat kita lihat di daun wortel dan juga beberapa tanaman merambat.

  4. Kolenkim lacunar (lacunate)

    Merupakan jaringan yang memiliki penebalan di bagian permukaan ruang antar sel.

Pengertian Jaringan Kolenkim Dan Jaringan Sklerenkim Lengkap

Jaringan Sklerenkim

Jaringan sklerenkim merupakan suatu jaringan penguat yang memiliki dinding sel tebal di karenakan memiliki kandungan zat lignin. Jaringan ini dapat di temui pada organ dari tumbuhan yang tidak memgadakan pertumbuhan dan juga perkembangan saja.

Di jaringan ini memiliki serambut sklerenkim dan juga skeleid atau sel batu. Bentuk dari serabut sklerenkim ramping, panjang, dan juga terdapat di dalam  bentuk untaian atau juga berbentuk lingkaran. Serabut ini dapat di temui di serat rami, hibiscus sabdariffa, dan agave.

Skereid memiliki benruk yang memendek dan juga memiliki bentuk tidak beraturan. Ini dapat di temui di semua bagian yang ada di tumbuhan terutama di bagian kulit kayu, biji, dan juga pembuluh tapis. Di tempurung kelapa juga hamper semua bagiannya terduru dari sklereid. Sel-sel batu yang terdapat di buah dapat membuat ciri khas seperti tekstur yan gberpasir di kulit buah dan juga daging buah pir atau juga butiran pasir pada buah jambu biji.

Fungsi utama pada jaringan ini adalah untuk menjadi penguat pada bagian tumbuhan yang telah dewasa dan juga dapat menjadi pelindung bagian-bagian atau organ lunak yang berada di dalamnya seperti pada tempurung kelapa, buah kenari, dan juga kulit biji jarak.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Jaringan Kolenkim Dan Jaringan Sklerenkim (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya jaringan kolenkim dan sekrelin dapat membuat tumbuhan menjadi lebih baik dan dapat memberikan banyak sekali manfaat di dalamnya. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 6 votes