√ Pengertian Kata Serapan Beserta Contoh Kata Serapan (Lengkap)

Posted on

Pengertian Kata Serapan Beserta Contoh Kata Serapan (Lengkap) – Di dalam bahasa Indonesia pastinya memiliki banyak sekali kosa kata yang ada di dalamnya dan semua itu ada artiannya masing-masing dan ada juga sinonimnya.

Di dalam kosakata tersebut telah banyak akta yang memiliki artian yang mirip atau bersinonim yang akan membuat kata-kata tersebut terkadang kurang efektif di gunakan. Maka dari itu di gunakanlah kata serapan yang dapat membuat kosakata menjadi lebih banyak lagi.

Pengertian Kata Serapan Beserta Contoh Kata Serapan (Lengkap)

Kosakata yang ada di bahasa Indonesia telah banyak dan memiliki banyak sekali kegunaan dan artian sehingga di perlukan adanya pembaruan mengikuti jaman yang modern ini. Untuk dapat mengerti lebih jauh mengenai apa itu kata serapan akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Kata Serapan

Kata serapan merupakan suatu kata yang ada di dalam bahasa Indonesia yang berasal atau bersumber dari bahasa asing untuk keperluan mecari suatu padanan kata yang lebih tepat. Dalam cara pengucannua atau juga cara penulisan kata serapan dapat di sesuaikan dengan kaidah-kaidah yang standar atau baku yang telah sesuai dengan EYD.

Semua proses tentang penyerapan istilah dapat di lakukan dengan atau juga tanpa pengubahan, akan tetapi dengan berupa penyesuaiana mengenai ejaan atau juga lafalnya. Penyerapan yang di lakukan berdasar kepada beberapa ketentuan yang diantaranya:

  1. Istilah kata serapan di pilih yang lebih cocok di karenakan konotasinya.
  2. Istilah kata serapan di pilih yang lebih singkat jika d bandingkan dengan yang terjemahan indonesianya.
  3. Istilah kata serapan di pilih yang dapat mudah untuk dapat tercapainya suatu kesepakatan jika istilah indonesianya memiliki banya ksekali sinonim.
Baca Juga:  √ 27 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Kata serapan ini merupakan pembaruan dari bahasa asing yang memiliki makna sama dan merubahnya menjadi bahasa modern. Namun itu semua haruslah melewati berbagai macam proses dan juga tahapan dilam penyerapan bahasa atau istilah.

Contoh Kata Serapan

Kata serapan memiliki banyak sekali contohnya yang merupakan bahasa asing yang di masukkan kedalam bahasa Indonesia. Dapat di perhatikan beberapa istilah yang berubah lafalnya akan tetapi ada juga yang sama saja lafalnya. Berikut adalah contoh kata serapan diantaranya:

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Kata Serapan Beserta Contoh Kata Serapan (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya kata serapan akan membuat kosakata yang ada di dalam bahasa Indonesia menjadi lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 9 votes