√ Pengertian Negara Beserta Unsur Negara (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Negara Beserta Unsur Negara (Pembahasan Lengkap) – Ketika kita mendiami atau bertempat tinggal di suatu wilayah atau di suatu daerah pastinya kita akan menyadari adanya sautu pemerintahan di sana.

Pemerintahan yang ada di sana haruslah kita patuhi dan kita ingat terus jika kita ingin tidak mendapatkan masalah dengan hukum yang ada di sana. Pemerintahan itu mengatur Negara yang ada di sana.

Negara yang dapat mengatur dengan baik para warganya dan seluruh sumberdaya yagn ada di dalamnya akan membaut Negara tersebut berkembang dengan baik. Untuk dapat mengerti apa itu yang di namakan dengan Negara akan di jelasakan sebagai berikut.

Pengertian Negara Beserta Unsur Negara (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian negara terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Negara

Negara yang di artikan menurut Prof. Mr. L. J Van Apeldoorn sebagai:

Negara merupakan penguasa

Ini dikatakan sebagai orang-orang yang dapat melakukan kekuasaan tertinggi dari atas persekutuan rakyat yagn memiliki tempat tinggal di suatu daerah.

Negara meruapakan persekutuan rakyat

Ini di katakan sebagai suatu bangsa yang dapat hidup di suatu daerah yang berada di bawah kekuasaan tertinggi yagn berdasarkan kaidah hukum.

Negara merupakan suatu wilayah tertentu

Ini di katakana sebagai hal yang menyatakan bahwa suatu wilayah di dalamnya dapat di diami oleh suatu Negara yang berada di bawah kekuasaan tertinggi.

Baca Juga:  √ Pengertian MPR Beserta Tugas dan Wewenang MPR (Bahas Lengkap)

Negara merupakan kas Negara atau fiscus

Ini di katakan sebagai pernyataan harta yagn dapat di pegang oelh penguasa yang berguna untuk kepentingan umum.

Unsur-Unsur Negara

Negara memiliki beberapa unsur yang terdapat di dalamnya yaitu:

Rakyat

Rakyat merupakan seluruh orang yang berada di dalam suatu wilayah Negara dan taat kepada peraturan yang di berikan Negara tersebut. rakyat di dalam suatu Negara dapat meliputi penduduk asli dan penduduk asing.

Wilayah

Wilayah merupakan tempat tinggal rakyat dan juga penyelenggara pemerintahan. Negara tidak mungkin jika tidak memiliki wilayah yang dapat berupa daratan, udara, dan juga lautan.

Pemerintahan yang sah dan berdaulat

Pemerintah yang sah dan memiliki kedaulatan merupakan suatu kekuasaan untuk dapat mengatur Negara. Kedaulan yang di miliki dari kedaulatan interna tau dalam dan ekstern atau luar. Yang di maksudkan kedaulatan dalam yang berarti dapat mengurus negaranya sendiri tanpa adanya campur tangan Negara lain. Ekstern yang berarti dapat berkerja sama dengan Negara lain.

Pengertian Negara Beserta Unsur-Unsur Negara Lengkap

Pengakuan Negara lain

Pengakuan yang di berikan dari Negara lain sangatlah penting karena dapat menjadi tata hubungan Internasional yang baik. Unsur yang dapat menjadi pengakuan bangsa lain termasuk ke dalam unsur deklaratif.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Negara Beserta Unsur Negara (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya suatu Negara akan dapat memberikan rakyatnya kehidupan yang lebih baik di kemudian harinya. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 7 votes