√ Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta Ciri, Jenis & Contoh (Lengkap)

Posted on

Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta Ciri, Jenis & Contoh (Lengkap) – Di dalam mengatur suatu pengeluaran atau juga pemasukkan, kita haruslah dapat mengaturnya sedemikian rupa hingga mencapai batas maksimal dari kebutuhan kita.

Karena banyaknya kebutuhan yang kita inginkan maka kita harus dapat membuat pengaturan yang dapat membuat setiap kebutuhan yang kita inginkan tercapai. Maka dari itu di harap kita memiliki prinsip ekonomi.

Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta Ciri, Jenis & Contoh (Lengkap)

Prinsip ekonomi ini memiliki banyak sekali kegunaannya di dalam kegiatan kita sehari-hari. Untuk dapat mengerti lagi mengenai apa itu prinsip ekonomi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi merupakan suatu usaha yang di lakukan untuk mendapatkan hasil tertentu dengan cara pengorbanan yang sekecil mungkin. Pada prinsip ekonomi ini merupakan suatu usaha dan tindakan di dalam mendapatkan suatu kepuasan akan kebutuhan tertentu dengan melakukan pengorbanan yang seminimum mungkin. Pada prinsip ini dapat mengarahkan kepada suatu tindakan agar dapat mencapai keefektifan dan juga keefisiensian tinggi.

Ciri-Ciri Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi sendiri memiliki beberapa ciri yang diantaranya adalah:

  1. Selalu hemat
  2. Selalu dapat menetukan apa saja kebutuhan yang penting dan dapat di dahulukan atau kebutuhan mendesak sehingga dapat di urutkan ke kebutuhan yang tidak terlalu penting.
  3. Bertindak dengan cara rasional dan juga ekonomis yang di maksud dapat menentukan kebutuhan melalui suatu perencanaan yang telah di pikirkan secara matang.
  4. Bertindak dengan suatu prinsip yaitu pengeluaran biaya harus id ikuti dengan hasil yang di dapatkan.

Jenis Prinsip Ekonomi

Jenis-jenis yang di miliki oleh prinsip ekonomi ada 3 yaitu adalah:

Baca Juga:  √ Pengertian Akuntabilitas, Dimensi, Jenis & Tingkatan Akuntabilitas

1. Prinsip Produsen

Prinsip ini merupakan prinsip ekonomi yang menentukan apa saja bahan baku, alat produksi hingga biaya produksi dari bahan baku yang menjadi bahan jadi, yang pastinya akan di tekan angkanya serendah mungkin tetapi menghasilkan barang yang berkualitas bagus.

2. Prinsip Penjual Atau Pedagang

Prinsip ini merupakan prinsip ekonomi yang melakukan berbagai macam usaha yang dapat memenuhi selera para konsumennya dengan promosi atau juga iklan, reward barang hadiah, dan juga yang lainnya untuk dapat mendapatkan keuntungan dari berbagai kegiatan tersebut.

3. Prinsip Pembeli

Prinsip ini merupakan prinsip ekonomi bagaimana cara mendapatkan suatu produk atau suatu barang atau juga jasa yang bermutu dan juga berkualitas baik dengan harga yang serendah-rendahnya atau mengeluarkan uang yang rendah.

Contoh Prinsip Ekonomi

Pada contoh di prinsip ekonomi ini dapat kita ambil seperti ketika kita akan membeli sesuatu barang, maka kita akan melakukan suatu perbandingan harga antara took tersebut dengan took lainnya. Setelah melakukan hal itu kita dapat melihat dan membandingkan harga barang tersebut mendapat potongan atau tidak serta dapat belajar hidup hemat.

Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta Ciri, Prinsip, Dan Contohnya Lengkap

Hal Yang Timbul Dari Prinsip Ekonomi

Yang dapat muncul dari suatu prinsip ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Bertindak ekonomis
  2. Berpikir ekonomis

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta Ciri, Jenis & Contoh (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya prinsip ekonomi ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang baik di dalam mengatur ekonomi. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes