√ Pengertian Proposisi Beserta Jenis-Jenis Proposisi (Lengkap)

Posted on

Pengertian Proposisi Beserta Jenis-Jenis Proposisi (Lengkap) – Di dalam suatu kalimat terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk dapat mengetahui apakah hal-hal yang di katakana di dalam suatu kalimat itu adalah benar atau salah.

Di dalam mempelajari hal itu di perlukan akan adanya suatu keahlian membaca dan memahami dengan baik agar dapat dengan baik membedakan tentang yagn benar atau yang salah di akhir kalimat.

Untuk itu di perlukan adanya proposisi yang membuat kita memudahkan di dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Untuk dapat mengetahui apa itu proposisi akan di jelaskan sebgai berikut.

Pengertian Proposisi Beserta Jenis-Jenis Proposisi (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian proposisi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Proposisi

Proposisi merupakan suatu tutur atau suatu pernyataan yang dapat melukiskan tentang beberapa keadaan yang tentu saja belum tentu benar atau salah di dalam suatu bentuk kalimat berita. Proposisi merupakan suatu istilah yang di pakai di dalam analisis logika.

Keadaan dan juga peristiwa-peristiwa yang ada di dalam pada umumnya melibatkan pribadi atau melibatkan orang lain yang dapat di rujuk oleh ujaran di dalam kalimat. Kebenaran merupakan suatu proposisi yang berkorespondensi dengan fakta yang ada.

Suatu proposisi yang tidak benar atau salah tidak berespondensi dnegan fakta yang ada. Proposisi ini terdiri dari 4 unsur yang dua diantaranya merupakan materi pokok proposisi lalu yang dua lagi merupakan hal yang menyertainya. Dari keempat unsur itu yang di maksudkan tersebut adalah subjek, term yang menjadi predikat, kopula, dan kuantor.

Baca Juga:  Pengertian Artikel, Ciri-Ciri, Jenis, Cara Penulisan Terlengkap

Berikut adalah bentuk umum dari proposisi yaitu:

Kuantor + Subjek + Kopula + Predikat

Jenis-Jenis Proposisi

Proposisi memiliki beberapa jenis yang di antaranya:

Proposisi Universal Afirmatif

Proposisi universal afirmatif ini merupakan proposisi atau pernyataan yang bersifaktan umum yang akan dapat membenarkan adanya suatu hubungan antara subjek dengan predikat yang di rumuskan dengan semua S adalah P.

Proposisi Universal Negatif

Proposisi universal negatif ini merupakan proposisi atau pernyataan yang memiliki sifat umum yang dapat mengingkari akan adanya hubungan antara subjek dengan predikat. Ini di rumuskan sebagai semua S bukan P.

Proposisi Partikular Afirmatif

Proposisi Partikular Afirmatif ini merupakan proposisi atau pernyataan yang memiliki sifat khusus yang dapat membenarkan tentang adanya suatu hubungan antara subjek dengan predikat yang di rumuskan dengan sebagian S adalah P.

Pengertian Proposisi Beserta Jenis-Jenis Proposisi Lengkap

Proposisi Partikular Negatif

Proposisi Partikular Negatif ini merupakan proposisi atau pernyataan yang memiliki sifat khusus yang mengingkari tentang adanya hubungan antara subjek dengan prdikat yang di rumuskan sebagian S bukan P.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Proposisi Beserta Jenis-Jenis Proposisi (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya proposisi, kita harus dapat membedakannya antara yagn benar dengan yang salah dengan mengetahui pakah itu sesuai dengan fakta atau tidak. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 10 votes