√ Pengertian Proxy Beserta Fungsi & Cara Kerjanya (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Proxy Beserta Fungsi & Cara Kerjanya (Bahas Lengkap) – Dalam dunia yang maju seperti sekarang ini peranan internet sangatlah banyak sekali, ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan jaringan yang luas tersebut.

Dengan pertumbuhan teknologi yang sangat banyak dan sangat jauh saat ini peranan dari teknologi sangatlah banyak. Di dalam dunia internet ada istilah yang di namakan dengan proxy yang memiliki banyak sekali peranan yang dapat di berikannya.

Pengertian Proxy Beserta Fungsi & Cara Kerjanya (Bahas Lengkap)

Proxy tersebut dapat membuat para pengguna internet menjadi lebih nyaman di dalam menggunakan jaringan internet dan berjelajah internet. Sebenarnya apa itu proxy akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Proxy

Proxy merupakan server yang di dalamnya menyediakan layanan utnuk dapat meneruskan setiap permintaan user ke server lain yang ada di dalam internet. Definisi dari proxy server merupakan server atau suatu program komputer yang memiliki suatu peran sebagai penghubung yang dapat menghubungkan komputer dengan internet.

Fungsi Proxy

Fungsi yang di milki oleh proxy adalah sebagai berikut:

Connecting sharing

Ini merupakan salah satu fungsi proxy yaitu connecting sharing yang merupakan penghubung atau juga merupakan perantara pengambilan data yang berasal dari suatu alamat IP dan di berikan atau di kirimkan ke alamat IP yang lain atau juga kepada IP dari komputer user.

Baca Juga:  √ Cara Kerja Wireless Dan Contoh Wireless (Pembahasan lengkap)

Filtering

Proxy yang di miliki di lengkapi dengan firewall yang dapat memblokir atau menghalangi akses dari alamat IP yang tidak di inginkan yang dapat membuat website tidak dapat di akses dengan menggunakan proxy yang di maksud.

Caching

Fungsi yang terakhir adalah caching yang di maksud adalah proxy yang di lengkapi dengan suatu media penyimpanan data yang ada di dalam suatu web, dari query, atau juga dari permintaan akses dari user. Missal permintaan untuk dapat mengakses web yang lebih cepat kerika telah adanya permintaan akses ke suatu web dengan pemakaian dari proxy yang sebelumnya.

Cara Kerja Proxy

Proxy memiliki cara kerjanya di internet yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebenarnya prinsip yang di miliki sangat sederhana, ketika user menggunakan suatu layanan proxy dan setelah itu meminta file yang berada di public server maka akan dapat di teruskan kembali ke internet yang membuat seolah proxy yang memintanya. Dan ketika proxy mendapatkan apa yang di inginkan maka akan di sebariakn kembali kepada usernya seolah dia adalah public server.

Pengertian Proxy Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap

Hal Yang Dapat Di Lakukan Web Proxy

Web proxy merupakan komputer server yang memiliki tindakan menjadi komputer lain yang berfungsi untuk dapat melakukan request terhadap konten yang berasal dari suatu jaringan internet. Hal yang dapat di lakukan oleh proxy diantaranya adalah:

  1. Dapat menjadi penyembunyi alamat IP address.
  2. Dapat di gunakan untuk mengakses website yang memang telah terblokir oleh ISP atau internet service provider) atau yang telah di lakukan oleh organisasi.
  3. Dapat memblok beberapa website yang nanti tidak dapat di akses.
  4. Dapat menyaring atau mem filter apa saja yang di inginkan dan cookies yang tersimpan di dalam encrypt.
  5. Dapat juga mengamankan keamanan privacy dari pengguna atau user.
Baca Juga:  √ Pengertian Power Supply Beserta Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Proxy Beserta Fungsi & Cara Kerjanya (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan menggunakan proxy, kita akan lebih mudah dalam menggunakan atau berselancar di dalam internet. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes