√ Pengertian Teks Eksemplum Beserta Ciri & Unsurnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Teks Eksemplum Beserta Ciri & Unsurnya (Lengkap) – Di dalam bahasa Indonesia banyak sekali jenis-jenis teks yang harus kita pahami satu persatu karena akan dapat membantu kita di dalam membuat suatu kalimat yang baik.

Di dalam membuat suatu teks yang baik adalah yang dapat di mengerti oleh para pembacanya sehingga membuat ceritanya menarik untuk di baca dan di ikuti. salah satu jenis teks bahasa Indonesia adalah teks eksemplum.

Pengertian Teks Eksemplum Beserta Ciri & Unsurnya (Lengkap)

Teks eksemplum ini adalah salah satu jenis teks bahasa Indonesia yang menerangkan jalan cerita yang ada didalamnya. Untuk mengerti apa itu jenis teks eksemplum akan di jelaskan lebih jelasnya sebagai berikut.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan teks yang menceritakan tentang prilaku tokoh di dalam ceritanya. Contoh dari teks eksemplum pada umumnya di awali dnegan pengenalan tokohnya, yang kemudian berlanjut ke peristiwa yang di alami si tokoh dan terakhir di tutup dengan adanya interpresentasi yang timbul dari tokoh tersebut. Jenis dari teks ini merupakan jenis karya yang di dalamnya mengandung pengalaman hidup Manusia.

Ciri-CIri Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan yang lainnya diantaranya adalah:

  1. Memiliki truktur yang lengkap
  2. Berisi peristiwa yang terjadinya tidaklah di inginkan
  3. Menggunakan bahasa yang naratif
  4. Urutan peristiwanya jelas

Struktur Teks Eksemplum

Teks eksemplum sendiri memiliki banyak elemen yang saling berkaitan dan menjadi bentuk teks. Berikut adalah struktur teks eksemplum diantaranya:

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Orientasi

Ini merupakan suatu bagian yang awal dari teks eksemplum. Didalam bagian ini terdapat pengenalan tokoh. Seperti cewek itu sangat teliti dan pandai.

Insiden

Ini merupakan suatu bagian yang di dalamnya mengandung suatu permasalahan yang dapat di hadapi oleh di tokoh. Seperti dewi memecahkan pot bunga dan di marahi oleh ibunya karena kemarin berlarian di dekat pot tersebut.

Interpresentasi

Ini merupakan suatu bagian yang di dalamnya mengandung beberapa pesan moral, evaluasi, serta akibat dari permasalahan yang di alami oleh si tokoh.

Pengertian Teks Eksemplum Beserta Ciri-Ciri Dan Unsurnya Lengkap

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Di dalam unsur teks eksemplum terdapat banyak kata konjungsi yang diantaranya adalah:

  1. Mengguankan suatu kata rujukan
  2. Menggunakan suatu kalimat yang kompleks
  3. Menggunakan kalimat konjungsi atau penghubung
  4. Menggunakan suatu kata kerja

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Teks Eksemplum Beserta Ciri & Unsurnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan mengenalkan tokoh dan menjelaskan tentang apa yang terjadi dapat membuat para pembaca teks eksemplum mengerti dan memahami tentang jalan dari cerita tersebut. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes