√ Pengertian Cerpen Beserta Ciri-ciri Cerpen (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Cerpen Beserta Ciri-ciri Cerpen (Pembahasan Lengkap) – Di dalam suatu cerita pastinya memiliki inti yang menjadi bahan cerita atau yang menajdi sumber dari cerita tersebut yang membaut ceritanya semakin mengarah atau menuju ke sisi itu.

Dengan adanya arahan yang tepat maka akan membuat para pembacanya lebih focus ke titik di mana memang di situlah tempatnya atau ya memang di situlah pusat dari cerita yang di berikan oleh si pengarang tersebut dan memang itu yang di tungu oleh si pembaca.

Cerita yang sedang popular di kalangan remaja sepanjang zaman adalah cerpen yang memang sering sekali di perbaharui atau di buat oleh para pengarangnya. Untuk mengerti apa itu sebenarnya cerpen akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Cerpen Beserta Ciri-ciri Cerpen (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian cerpen terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan suatu jenis prosa yang menceritakan mengenai salah satu masalah kehidupan para pelakunya yang membuatnya memiliki alur yang tunggal. Secara sederhananya cerpen merupakan suatu cerita yang membatasi diri akan suatu pembahasan salah satu unsur fiksi di dalam aspeknya yang terkecil.

Cerpen juga di artikan oleh ahli sastra yaitu Hendy sebagai berikut:

Cerpen merupakan suatu cerita tentang kisah pendek yang mengandung kisah yang tunggal.

Sedangkan cerpen menurut J.S. Badudu adalah:

Cerpen merupakan suatu cerita yang menjurus dan terkonsentrasi pusat kepada satu peristiwa yaitu adalah peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri.

Pengertian Cerpen Beserta Ciri-Ciri Cerpen Lengkap

Ciri-Ciri Cerpen

Cerpen memiliki ciri-ciri diantaranya adalah:

  1. Padu
  2. Singkat
  3. Memiloiki unsur yang utaman berupa adegan
  4. Gerak
  5. Tokoh
  6. Berbahasa tajam
  7. Menarik perhatian
Baca Juga:  √ Pengertian Konjungsi Beserta Macam-macam Konjungsi (Lengkap)

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Cerpen Beserta Ciri-ciri Cerpen (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya cerpen maka menambah banyak jenis prosa yang ada di dalam bahasa Indonesia kita. Cerpen sendiri banyak di minati apa lagi oleh para anak remaja yang sangat menyukai adanya cerpen. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 5 votes