√ Pengertian Gas Alam Beserta Komposisi Dan Manfaatnya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Gas Alam Beserta Komposisi Dan Manfaatnya Lengkap – Dengan keadaan bumi yang telah ada sejak jutaan tahun lalu telah banyak kejadian-kejadian yang terjadi dari masa ke masa hingga memiliki kekayaan yang melimpah di permukaan atau di bawah tanah.

Kekayaan yang melimpah itu sekarang telah dapat di pergunakan dengan baik oleh Manusia akan tetapi jumlahnya semakin berkurang setiap harinya di karenakan membutuhkan proses jutaan tahun untuk dapat membuat hal tersebut.

Kekayaan itu termasuk dengan gas alam yang jumlahnya sangat banyak di dalam lapisan tanah yang dalam sehingga akan membutuhkan alat berat untuk mencarinya. Untuk mengerti pa itu gas alam akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Gas Alam Beserta Komposisi Dan Manfaatnya (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian gas alam terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Gas Alam

Gas alam merupakan suatu bahan bakar yang berasal dari fosil makhluk hidup yang berbentuk gas. Gas alam sendiri berupa campuran hidrokarbon yang memiliki daya kembang yang besar, daya bertekanan tinggi, memiliki berat jenis spesifik yang cukup rendah, dan secara alamiah telah berbentuk gas.

Gas alam pada umumnya berkumpul di bawah lapisan tanah dengan mengandung berbagai macam komposisi yang terdapat di dalam kandungan minyak bumi atau associated gas. Semua yang ada di dalam kandungan minyak bumi berkaitan dengan gas alam, yang mana gas itu terlarut di dalam minyak yang amsih mentah dan sering membentuk cungkup gas atau gas cap yang ada di atas kandungan minyak bumi itu. Gas alam pun dapat berkumpul di tambang batu bara dan di lading gas bumi.

Baca Juga:  √ Pengertian Hidrolisis Garam, Macam dan Rumus serta Contohnya

Komposisi Gas Alam

Gas alam merupakan suatu gas yang terdiri dari metana 80%, propane 6%, etana 7%. Butane 4%, sisanya isobutana dan pentana. Selain komposisi itu, gas alam juga dapat mengandung nitrogen, helium, karbon dioksida, dan juga karbon yang lainnya. Gas alam tidak memiliki bau akan tetapi untuk dapat mengetahui ketika adanya kebocoran maka di tambahkan bau yang tidak sedap sehingga akan mudah terdeteksi ketika terjadi kebocoran. Gas alam untuk dapat memudahkan di dalam pengangkutannya maka akan di cairkan dengan bentuk gas alam cair atau yang di sebut LNG atau Liquified Natural Gas.

Pengertian Gas Alam Beserta Komposisi Dan Manfaatnya Lengkap

Manfaat Gas Alam

Gas alam memiliki manfaat untuk dapat menjadi sumber energy yaitu untuk menjadi bahan bakar yang di guanka rumah tangga berbentuk LPG dan juga industri. Selain gas alam yang dapat di gunakan menjadi bahan baku industri dapat juga menjadi produksi gas hydrogen.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Gas Alam Beserta Komposisi Dan Manfaatnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan menggunakan gas alam kita dapat menikmati masakan yang di buat di rumah dan di tempat makan lainnya. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 9 votes