√ Pengertian Identifikasi Beserta Bentuk, Contoh, Dan Prosesnya

Posted on

Pengertian Identifikasi Beserta Bentuk, Contoh, Dan Prosesnya – Di dalam sautu kehidupan pasti ada saatnya kita ingin memiliki sautu karakter yang sama dengan  apa yang apernah kita lihat dan kita merasa ideal dengan karakter tersebut.

Dengan karakter tersebut kita berfikir bahwa sepertinya karakter tersebut dangatlah bagus dan terlihat keren apa bila kita menggunakannya di kehidupan sehari-hari. Maka proses meniru pun akan  di lakukan oleh orang tersebut.

Proses itu dapat mengidentifikasikan orang tersebut dan meniru seseorang atau karakter yang dianggapnya ideal dan menrapkannya id kehidupan nyatanya. Untuk mengerti tentang apa itu identifikasi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Identifikasi Beserta Bentuk, Contoh, Dan Prosesnya

Mari kita bahas pengertian identifikasi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Identifikasi

Identifikasi merupakan suatu cara yang dapat di lakukan oleh seseorang di dalam mengambil alih ciri-ciri dari orang lain dan menjadikannya suatu bagian yang dapat terintegrasi dengan kepribadian yang di milikinya sendiri. Identifikasi dapat juga merupakan suatu kecenderungan di dalam diri sautu individu untuk dapat menjadi sama dengan suatu individu lainnya.

Individu ini menjadi sasaran identivikasi dapat di namakan sebagai idola. Mulai dari prilaku, keyakinan, sikap, dan juga pola hidupnya menjadi idola akan dapat melembaga bahkan akan menjiwai dari para pelaku identifikasi tersebut yang kemudian akan sangat berpengaruh kepada pembentukan dan juga perkembangan kepribadiannya.

Bentuk-Bentuk Identifikasi

Di dalam kehidupan ini terdapat beberapa bentuk-bentuk identifikasi yang diantaranya adalah:

  1. Identifikasi Kelas atau Class Identification
  2. Identifikasi ini merupakan identifikasi yang terjadi di kelas sosial tertentu.
  3. Identifikasi Defensif atau Defensive Identification
  4. Identifikasi ini merupakan identifikasi yang timbul karena adanya rasa takut.
  5. Identifikasi Perkembangan atau Developmental Identification
  6. Identifikasi ini merupakan identifikasi hasil dari hubungan yang positif dnegan suatu pihak lain yang mana pihak tersebut dapat mengadakan identifikasi yang pada awalnya akan sangat bergantung kepada pihak lain.
  7. Identifikasi Etnik atau Etnic Identification
  8. Identifikasi ini merupakan identifikasi yang terjadi terhadap kelompok etnis tertentu.
Baca Juga:  Pengertian Supervisi Pendidikan, Tujuan, Prinsip, Fungsi, Obyek Terlengkap

Contoh Identifikasi

Contoh dari identifikasi ini adalah sebagai berikut:

Seorang remaja yang mengidentifikasikan dirinya dengan karakter seorang artis yang sangat terkenal dan yang sangat dia kagumi. Selanjutnya dia akan terus berusaha merubah semua penampilannya agar sama dengan artis tersebut, itu semua mulai dari pakaian, rambut, gaya berbicara, hingga makanan yang di sukainya.

Pengertian Identifikasi Beserta Bentuk-Bentuk, Contoh, Dan Prosesnya Lengkap

Proses Identifikasi

Proses identifikasi dapat juga berlangsung dengan sendirinya atau tanpa sengaja akan tetapi ada juga yang dengan kesadaran penuh. Identifikasi dapat terjadi kerena orang tersebut memerlukan tipe-tipe ideal tertentu yang ada di dalam proses hidupnya. Meskipun di lakukan tanpa sengaja akan tetapi proses indentifikasinya akan terjadi di dalam suastu keadaan yang mana orang tersebut dapat mengidentifikasikan dengan benar-benar pihak lainnya yang menjadi idela baginya yang membuat pandangan atau pun sikap yang ada pada pihak tertentu yang menjadi idealnya dapat menjiwainya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Identifikasi Beserta Bentuk, Contoh, Dan Prosesnya yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya proses identifikasi ini maka akan dapat memberikan seseorang itu karakter baru yang sesuaidengan apa yang di nginkan meniru orang lain. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 5 votes