√ Pengertian Konduksi, Konveksi, Dan Radiasi (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Konduksi, Konveksi, Dan Radiasi (Pembahasan Lengkap) – Energi panas atau kalor memang sangat banyak di bumi kita ini, apa lagi dengan adanya matahari yang menajdi pusat tata surya yang memancarkan pansanya keseluruh planet-planet.

Energy panas ini sangatlah bermanfaat bagi kita semua di kehidpan ini, mau itu tumbuhan, hewan, dan Manusia semua memerlukan panas atau kalor untuk terus bertahan hidup. Di dalam memanfaatkan kalor dengan baik maka kita akan mendapat banyak sekali manfaatnya.

Energy kalor ini dapat menyebabkan konduksi, konveksi, dan juga radiasi yang akan memberikan dampaknya masing-masing. Untuk mengentahui apa itu konduksi, konveksi, dan juga radiasi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Konduksi, Konveksi, Dan Radiasi (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian konduksi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Konduksi

Konduksi merupakan suatu perpindahan kalor yang melalui zat pengantar tanpa ada di sertai dengan perpindahan bagian-bagian zat tersebut. Perpindahan kalor itu dengan cara konduksi yang pada umumnya dapat terjadi di zat padat.

Zat padat tersebut dapat menghantarkan kalor di sebut dengan konduktor, zat padat ini sejenis logam. Zat padat yang dapat menghantarkan kalor tatapi buruk atau kurang di sebut dengan isolator, zat padat ini sejenis benda non-logam.

Contoh konduksi adalah ketika kita memanaskan besi di atas api yang menyala. Ketika salah satu ujung besi tersebut kita panaskan kemudian kita memegang ujung besi yang lainnya maka semakin lama ujung yang kita pegang semakin panas. Ini dapat membuktikan bahwa kalor atau energy panas dapat berpindah atau menjalar dari ujung besi yang di panaskan ke ujung besi yang kita pegangi.

Baca Juga:  √ Pengertian Gas Alam Beserta Komposisi Dan Manfaatnya (Lengkap)

Pengertian Konveksi

Konveksi merupakan suatu perpindahan kalor yang melalui zat penghantar dengan di sertai perpindahan bagian-bagian zat tersebut. ini pada umumnya merupakan zat penghantar yagn dapat di pakai berupa zat cair dan juga gas.

Kalor ini dapat berpindah karena adanya suatu aliran zat yang di panaskan yang mengakibatkan adanya suatu perbedaan massa jenis atau berat jenis. Di massa jenis bagian yang di panaskan lebih kecil dari massa jenis bagian zat yang tidak di lakukan pemanasan. Contohnya adalah ketika kita memasak air di kompor dengan panic hingga air tersebut mendidih. Peristiwa ini memiliki hubungan dengan konveksi kalor yang terjadinya karena adanya kangin darat dan angin laut.

Pengertian Radiasi

Radiasi merupakan suatu perpindahan kalor yang tidak memerlukan media atau zat perantara. Pancaran kalor ini hanya dapat terjadi di dalam gas atau di dalam ruang hampa seperti pada pernghantaran panas dari matahari menuju bumi dengan melalui ruang yang hampa udara.

Alat yang dapat di gunakan utnuk mengetahui apakah ada pancaran kalor dapat di sebut dengan termoskop. Termoskop ini dapat di pakai untuk menyelidiki sifat dari pancaran di berbagai permukaan. Contoh dari radiasi adalah suatu perpindahan panas yang di lakukan dari cahaya matahari ke bumi.

Pengertian Konduksi, Konveksi, Dan Radiasi Lengkap

Radiasi kalor ini dapat juga terjadi di lampu pijar yang sedang menyala dan juga dari api unguun yang sedang menyala. Di saat kita sedang berada di sekitar api unggun yang sedang menyala maka tubuh kita akan merasakan hangat, ini di sebabkan oleh radiasi kalor yang di keluarkan oleh api unggun tersebut.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Konduksi, Konveksi, Dan Radiasi (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya perpindahan kalor yang baik akan membaut kita menjadi hangat dan apa bila di manfaatkan lebih akan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan kita. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  √ Pengertian Hidrolisis Garam, Macam dan Rumus serta Contohnya
5 (100%) 9 votes