√ Pengertian NIC Beserta Fungsi Dan Prinsip Kerja NIC (Lengkap)

Posted on

Pengertian NIC Beserta Fungsi Dan Prinsip Kerja NIC (Lengkap) – Di dalam menggunakan komputer kita pasinya melihat bagian-bagian yang ada di dalamnya sangat banyak sekali dan saling terkait satu sama lainnya.

Di dalam komponen itu semuanya saling mendukung satu sama lain dan memiliki peranan masing-masing yang sangat di perlukan komuter. Didalam mengoperasikan komputer kita dapat melihat bagaimana dan apa saja yang dapat di lakukan oleh si komputer tersebut.

Pengertian NIC Beserta Fungsi Dan Prinsip Kerja NIC (Lengkap)

Salah satu yang dapat di lakukan adalah dengan cara berkomunikasi dengan komputer lainnya dengan menggunakan NIC. Untuk mengerti tentang apa itu NIC akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian NIC

NIC merupakan suatu singkatan dari Network Interface Card yang merupakan suatu peralatan elektronik yang di buat pada papan PCB yang dapat melakukan suatu konversi sinyal yang dapat membuat suatu workstation dapat mengirim dan juga menerima data di dalam jaringan yang dapat di sebut juga dengan Ethernet card atau dapat juga di sebut dengan LAN card.

NIC merupakan suatu kartu jaringan yang dapat di pasangkan kedalam slot ekspansi kepada komputer. Slot yang di perlukan itu berupa slot PCI atau slot ISA. Selain itu juga ada beberapa card yang memang di peruntukkan utnuk laptop atau notebook dengan socket PCMIA. Untuk port outputnya dapat berupa port UTP, AIU, dan BNC.

NIC memiliki alat yang khusus do sebut dengan Ethernet address atau MAC address. Alamat ini merupakan suatu alamat yang berkode heksa 48-bit. Pada setiap NIS memiliki alamat yang berbeda-beda. Apabila komputer ingin mencari atau berkomunikasi dnegan komputer yang lainnya maka dia akan menggunakan pemancar sinyal yang di gunakan untuk mencari alamat NIC yang di tujunya.

Baca Juga:  √ Pengertian Web Dinamis Beserta Kelebihan & Kekurangannya Lengkap

Ketika alamat yang di tuju telah di temukan maka komunikasi yang di lakukan antar kedua kartu Ethernet dapat di lakukan. Ketika NIC yang di tuju ternyata sedang menangani komunikasi dengan pemancar sinyal maka dapat menunggu untuk dapat kembali memancarkan sinyal dalam waktu yang acak, yang kemudian dapat melakukan komunikasinya kembali.

Fungsi NIC

Nic memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menjadi sarana di dalam menerima dan juga mengirimkan data dengan melalui suatu kabel jaringan.
  2. Mengontrol aliran data yang terjadi antara komputer dan system perkabelan.
  3. Transfer data yang terjadi ke komputer lain akan dengan terlebih dahulu di persipkan datanya dari komputer agar dapat di kirimkan ke media penghubung.
  4. Menerima data yang telah di transferkan dari komputer yang lein dengan menggunakan kabel dan kemudian menterjemahkannya ke dalam suatu bit yang nantinya akan di mengerti atau di baca oleh komputer.

Prinsip Kerja NIC

NIC dapat berkerja didalam lapisan fisik yang mana data dapat di pecah menjadi suatu bit yang kemudian ajan di kirimkan dengan menggunakan media jaringan ke komputer lainnya dengan kemudian dapat di rangkai kembali menjadi data yang utuh.

Di setiap NIC memiliki kode yang unik seperti Cuma satu yang ada dengan terdiri dari 12 kode yang dapat di sebut dengan MAC Address atau Media Access Control. Tujuannya MAC address adalah untuk dapat menghindari sautu tabrakan yang terjadi antara data di jaringan.

Pada contohnya node yang akan mengirimkan paket data maka sebelum itu akan melihat bagaimana jaringan tidak melakukan pengiriman paket data, jika node yang akan dapat melakukan pengiriman paket datanya.

Pengertian NIC Beserta Fungsi Dan Prinsip Kerja NIC Lengkap

Paket data yang di pancarkan ketika node sedang mengirimkan paket data maka akan dapat terjadi collision. Ketika terjadi demikian maka node dan jaringan itu akan dapat berhenti bersamaan untuk dapat mengirikan paket data. Paket data itu yang mengalami collision akan dapat di kirimkan kembali kepada saat ada suatu kesempatan. Dengan cara ini akan dapat di namakan dengan metode CSMA/CD (Carrier Sence Multiple Access/Collision Detection) yang artinya pengurusanbagi para pengiriman data yang terjadi oleh komputer/node dengan cara serentak.

Baca Juga:  √ Pengertian SEO, Sejarah, Tujuan, Manfaat dan Konsep Dasar SEO

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian NIC Beserta Fungsi Dan Prinsip Kerja NIC (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya NIC akan dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi para pengguna komputer. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 8 votes