√ Pengertian Wacana Beserta Contoh-contoh Wacana (Bahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Wacana Beserta Contoh-contoh Wacana (Bahas Lengkap) – Di dalam suatu paragraph yang kita buat pastinya memiliki artian atau makna di dalamnya yang membuat kita dapat dengan mudah memahami dan menerima informasi di dalamnya.

Dengan suatu kalimat yang baik dan benar serta jelas akan memberikan keuntungan atau manfaat yang lebih bagi para pembacanya sehingga akan menarik. Ketika kalimat itu tidaklah sama dan tidak memiliki keterkaitan makna yang baik maka akan memeberikan dampak sebaliknya.

Maka dari itu wacana yang baik haruslah mengerti akan maksud dan juga tujuan yang di peruntukkan oleh para pembuatnya kepada para pembacanya. Untuk dapat mengerti tentang apa itu wacana akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Wacana Beserta Contoh-contoh Wacana (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian wacana terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Wacana

Wacana merupakan suatu rentetan kalimat yang memiliki keterkaitan dan dapat menguhubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lainnya yang berada di dalam satu kesatuan makna yang antar bagian di dalam suatu bangun bahasa.

Wacana merupakan sebuah satuan bahasa yang lengkap dan juga utuh ini karena setiap bagian yang berada di wacana itu memiliki hubungan dengan cara padu. Wacana di dalam kebahasan ini dapat berupa suatu kalimat, kata, paragraph, atau juga dapat berupa karangan utuh yang bentuknya lebih besar seperti bentuknya buku atau sebuah artikel yang di dalamnya berisikan amanat lengkap.

Wacana didalam kebahasaan dapat menempati hierarki yang paling atas tertinggi dan yang paing besar. Kata yang di pergunakan didalam wacana di wajibkan pada keutuhan unsur akan makna dan yang konteks melingkupinya.

Baca Juga:  √ Pengertian Cerpen Beserta Ciri-ciri Cerpen (Pembahasan Lengkap)

Contoh–Contoh Wacana

Berikut adalah contoh wacana yaitu:

  1. Hutan lindung kebakaran. Premium di pom bensin sudah mulai jarang. Pemimpin perusahaan tersenyum ketika di Tanya penyidik. Hari minggu jalanan sangat sepi.
  2. Disewakan. Butuh uang segera. Sebuah mobil baru, avanza berwarna putih tahun 2016. Peminat yang serius harap hubungi langsung kami. Kami tidak memiliki perantara, hati-hati penipuan.

Contoh di no 1 bukanlah berupa wacana kaeran tidak memiliki makna yang utuh, tidak berkaitan, makna yang ada di setiap kalimatnya berbeda. Makna yang ada di kalimat itu pun putus-putus membuat tuturan itu tidak terdiri dari satu informasi yang selesai, komunikatif, dan utuh.

Pengertian Wacana Beserta Contoh-Contoh Wacana Lengkap

Contoh no 2 ini merupakan wacana di karenakan semua kalimat yang ada di dalamnya membentuk satu kesatuan sehingga dapat menunjang satu tema yang utuh, ini membuat maknanya tersampaikan. Komunikatif, dan juga informative.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Wacana Beserta Contoh-contoh Wacana (Bahas Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya wacana yang baik akan membuat para pembacanya mudah memahami apa informasi di dalamnya. Semoga bermanfaat 🙂

5 (100%) 10 votes