√ Pengertian Deposito dan Jenis Deposito (Pembahasan Lengkap)

Posted on

Pengertian Deposito dan Jenis Deposito (Pembahasan Lengkap) – Di dalam melakukan suatu investasi atau seseuatu yang nantinya akan memberikan keuntungan berlipat maka orang-orang akan berebut melakukannya.

Salah satu cara yang di lakukan oleh pihak bank untuk dapat menarik para pelanggannya adalah dengan menggunakan system deposito yang akan memberikan banyak keuntungan bagi si penabung atau bagi yang melakukan deposito tersebut.

Pengertian Deposito dan Jenis Deposito (Pembahasan Lengkap)

Deposito tersebut juga memiliki beberapa jenis sesuai dengan apa yang di inginkan oleh si penabung atau orang yang ingin melakukan deposito. Untuk dapat mengerti lagi mengenai apa itu deposito akan di jelaskan lebih lengkapnya sebagai berikut.

Pengertian Deposito

Deposito merupakan suatu simpanan yang penarikannya hanya dapat di lakukan pada jangka waktu yang telah di tentukan dengan sesuai kesepakatan yang di lakukan nasabah dan pihak bank. Maka dari itu deposito tidak dapat di ambil atau di cairkan setiap saat atau setiap waktu. Dana dari nasabah akan “dikunci” oleh pihak bank selama jangka waktu yang telah di sepakati agar dapat di optimalkan oleh pihak bank dengan di salurkan kepada sector usaha yang memang membutuhkan bantuan modal, penanaman modal di dlam bentuk berupa surat berharga, dan yang lainnya.

Deposito dapat di bukukan pada rekening dengan atas nama nasabah. Nasabah tersebut yang akan melakukan deposito dapat di sebut dengan deposan. Dengan memberikan uangnya di deposito akan seorang nasabah yang melakukan deposito atau deposan akan dapat mendapatkan bunga dari itu setiap bulannya dengan tingkatan bunga seperti yang telah di tentukan sebelumnya oleh pihak bank.

Baca Juga:  27 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap

Jenis-jenis Deposito

Deposito memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah:

1. Sertifikat Deposito

Sertifikat Deposito merupakan sejenis deposito yang berjangka dengan dapat di pindah tangankan atau dapat di perjual belikan di dalam bentuk sertifikat. Di dalam perpindahan kepemilikan itu dapat memungkinkan di karenakan deposito ini memang di terbitkan atas unjuk bukan dari atas nama seperti pada deposito biasa pada umumnya.

2. Deposito Berjangka Rupiah

Deposito Berjangka Rupiah merupakan sejenis deposito yang memiliki simpanan berjangka dengan menggunakan mata uang Negara Indonesia yaitu rupiah dengan bunga yang di berikan seperti yang telah di tetapkan oleh bank.

Pengertian Deposito Beserta Jenis-Jenis Deposito Lengkap

3. Deposito Berjangka Valas

Deposito Berjangka Valas merupakan sejenis deposito yang dapat di simpan dalam bentuk mata uang asing yang dalam jangka waktu tertentu dan dengan bunga yang telah di berlakukan pula.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Deposito dan Jenis Deposito (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan adanya deposito dengan bunga tertentu dapat memberikan keuntungan bagi yang mengikuti program tersebut. Semoga bermanfaat.

5 (100%) 4 votes