√ 21 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Posted on

21 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian akuntabilitas. Yang lebih tepatnya pengertian akuntabilitas menurut para ahli. Silakan simak ulasan dibawah ini agar dapat mengetahui secara detailnya.

21 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian akuntabilitas secara umum yakni istilah untuk menjelaskan pertanggungjawaban seseorang atau lembaga tertentu yang berhubungan dengan sistem administrasi yang dimiliki.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas, ada pengertian yang lebih spesifik tentang akuntabilitas, berikut ini adalah beberapa pengertian akuntabilitas menurut para ahli.

Ghartey dan Crisis

Ghartey dan Crisis mengemukakan Akuntabilitas ditunjukkan untuk mencari jawaaban terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan pelayanan apa, siapa, kepada siapa, milik siapa yang mana dan bagaiman.

Mahmudi (2010:23)

Mahmudi mengemukakan Akuntabilitas publik adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya daya publik kepada pemberi mandat (prinsipal)

Baca Juga:  √ 23 Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Ledvina V.Carino

Ledvina V.Carino mengemukakan akuntabilitas adalah suatu evolusi kegiata-kegaitan yang dilaksanakan oleh seseorang petugas baik masih berada pada jalur otoritasnya atau sudah berada diluar tanggung jawabnya.

Mardiasmo (2001)

Mardiasmo mengemukakan Akuntabilitas publik adalah kewajiban pihak pemegang amanah (agent) untuk memberikan pertanggungjawaban, menyajikan , melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan tanggung jawabanya kepada pihak pemberi amanah (principal) yang memiliki hak dan meminta pertanggung jawaban tersebut.

J.B Ghartey

J.B Ghartey mengemukakan Akuntabilitas ditunjukkan untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan pelayanan apa? siapa? kepada siapa? milik siapa? yang mana? dan bagaimana?

The Advance Learner’s Dictionary (Lembaga Administrasi Negara, 2000:21)

The Advance Learner’s Dictionary mengemukakan Akuntabilitas adalah requeier or expected to give an explanation for ane’s action. Artinya akuntabilitas terkandung kewajiban untuk menyajikan dan melaporkan segala tindak tanduk dan kegiatannya terutama bidang administrasi keuangan kepada pihak yang lebih tinggi/atasannya.

Simbolon (2006)

Simbolon mengemukakan Akuntabilitas adalah kewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif atau organisasi kepada pihak yang dimiliki hak atau berkewajiban untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.

Sedarmayanti (2003)

Sedarmayanti mengemukakan Akuntabilitas adalah suatu perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.

Sirajuddin Saleh dan Aslam Iqbal

Sirajuddin Saleh dan Aslam Iqbal mengemukakan Akuntabilitas adalah sisi sikap dan watak kehidupan manusia yang meliputi akuntabilitas internal dan eksternal seseorang. Sisi internal seseorang akuntabilitas merupakan peranggungjawaban orang tersebut kepada Tuhan-nya. Sedangkan akuntabilitas sisi eksternal seseorang yaitu akuntabilitas orang tersebut kepada lingkungannya baik lingkungan formal (atasan-bawahan) maupun lingkungan masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Kewirausahaan, Manfaat, Fungsi & Prinsipnya (Lengkap)

LAN (1999)

LAN mengemukakan akuntabilitas adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.

Affan Gafar

Affan Gafar mengemukakan Akuntabilitas adalah setiap pemegang jabatan yang dipilih oleh rakyat yang kemudian harus dapat mempertanggung jawaban kebijaksanaan yang hendak dan telah ditempuh, dapat mempertanggungjawabakan ucapan atau kata-kata yang telah dikeluarkan dan juga mempertanggung jawabkan perilaku dalam kehidupan yang pernah, sedang bahkan akan dilaksanakan.

Teguh Arifiyadi (2008)

Teguh Arifiyadi mengemukakan akuntabilitas adalah kewajiban dari individu atau penguasa yang dipercayakan untuk mengelola sumber daya publik dan yang bersangkutan dengannya kemudian dapat menjawab hal yang menyangkut pertanggung jawabannya. Akuntabilitas terkait erat dengan instrumen untuk kegiatan kontrol terutama dalam hal pencapaian hasil pada pelayanan publik dan menyampaikannya secara transparan kepada masyarakat.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan akuntabilitas adalah perihal pertanggung jawab; keadaan dapat dimintai pertanggungjawaban.

Wikipedia

Wikipedia mengemukakan akuntabilitas adalah sebuah konsep etika yang dekat dengan admnistrasi publik pemerintahan (lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislatif parlemen dan lembaga yudikatif kehakiman)

Mahmudi (2010:23)

Mahmudi mengemukakan akuntabilitas adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya publik kepada pemberi mandat (prinsipal)

Mardiasmo (2006:3)

Mardiasmo mengemukakan akuntabilitas adalah bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagal pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.

Turner and Hulme (1997)

Turner and Hulme mengemukakan adalah keharusan lembaga sektor publik untuk lebih menekan pada pertanggungjawaban horizontal (masyarakat) bukan hanya pertanggungjawaban vertikal (otoritas yang telih tinggi)

Baca Juga:  √ Pengertian Prinsip Ekonomi Beserta Ciri, Jenis & Contoh (Lengkap)

Syahrudin Rasul (2002:8)

Syahrudin Rasul mengemukakan akuntabilitas adalah kemampuan memberi jawaban otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang/sekelompok orang terhadap masyarakat luas dalam suatu organisasi.

Salim (1991)

Salim mengemukakan Akuntabilitas adalah berasal dari istilah bahasa Inggris yaitu accountibility, yang berarti pertanggungjawaban atau keadaan untuk dipertanggungjawabkan atau keadaan untuk diminta pertanggungjawaban.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Suherman (2007)

Suherman mengemukakan akuntabilitas adalah berfungsinya seluruh komponen penggerak jalannya kegiatan perusahaan, sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing.

Ausaid (2001:6)

Ausaid mengemukakan akuntabilitas adalah instrumen untuk menunjukkan apakah prinsip-prinsip pemerintahan, hukum, keterbukaan, transparansi, keberpihakan dan kesamaan hak dihadapan hukum telah dihargai atau tidak. Akuntabilitas adalah hal yang sangat penting untuk menjamin nilai-nilai seperti efisien, efektifitas, reliabilitas dan predektibilitas dari administrasi publik.

Demikianlah penjelasan kita mengenai 21 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

√ 21 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
5 (100%) 8 vote[s]