Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri Terlengkap

Posted on

Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri Terlengkap – Mendengar kata buletin pada sekarang ini sepertinya sudah jarang dibicarakan orang. Meskipun tetap eksis sampai saat ini, buletin memiliki tempat tersendiri bagi para pecintanya disamping media online bertebaran. Lalu seperti apa sebenarnya buletin itu? Yuk pada kali ini kita akan membahas tentang buletin, fungsi buletin, tujuan dari buletin dan ciri-ciri buletin dengan lengkap dan tentu mudah dipahami. Agar kalian lebih memahaminya, silakan simak baik-baik ulasan dibawah ini.

Pengertian Buletin

Buletin yaitu media publikasi oleh organisasi yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan atau dipulikasikan secara teratur (berkala) dalak waktu yang relatif singkat dari harian sampai bulanan.

Buleting di pasarkan kepada umum yang lebih sempit, yang artinya berhubungan dengan bidang tertentu saja. Tulisan didalam buletin seringkali singkat dan padat seperti berita yang mana dipakai dengan bahasa penulisan yang formal dan banyak istilah teknis yang berhubungan dengan bidang tersebut

Desain dan juga foto-foto atau ilustrasi dalam buletin seringkali formal, pilihan ukuran penerbitan buletin biasanya adalah A4  (210 x 297 mm) atau eksekutif “7¼ x 10½ inci”. Untuk buletin yang terbit secara teratur dalam jangka waktu sedang yaitu 1-2 bulan, biasanya diterbitkan dalam jumlah halaman yang lebih tebal antara 36-120 halaman.

Dalam Wikipedia, buletin adalah publikasi (oleh organisasi) yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan / dipublikasikan secara teratur (berkala) dalam waktu yang relatif singkat (harian sampai bulanan).

Baca Juga:  22 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Tujuan Pembuatan Buletin

Tujuan dari pembuatan suatu buletin adalah sebagai berikut:

  • Membuat daya tarik supaya menjadi jurnalis yang baik
  • Menjadi daya tarik untuk menumbuhkan minat baca
  • Semakin banyak orang yang berminat dalam membaca
  • Membuat seru untuk peminat baca
  • Membuat orang yang sebelumnya tidak berminat membaca menjadi berminat membaca

Fungsi Buletin

Menurut Onong U. Effendy, buletin yang merupakan media komunikasi mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Menginformasikan (to inform) adalah memberikan informasi terhadap masyarakat, memberitahukan kepada masyarakat tentang peristiwa yang terjadi, ide  atau pikiran, dan perilaku orang lain. Dan juga segala sesuatu yang disampaikan kepada orang lain.
  2. Mendidik (to educate) adalah buletin sebagai sarana pendidikan dengan komunikasi manusia bisa menyampaikan ide dan pikirannya kepada orang lain menjadikan orang lain memperoleh informasi dan pengetahuan.
  3. Mempengaruhi (to influence) adalah fungsi mempengaruhi setiap individu yang berkomunikasi, tentunya dengan cara saling mempengaruhi jalan pikiran komunikas dan tentang berusaha merubah sikap dan tingkah laku orang yang berkomunikasi sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Menghibur (to entertaint) yakni komunikasi yang fungsinya untuk memberikan hiburan atau menghibur orang lain.
Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri
Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri Terlengkap

Ciri-Ciri Buletin

Ciri-ciri dari buletin adalah sebagai berikut:

  • Dibuat oleh suatu organisasi, lembaga atau yayasan tertentu
  • Isinya dapat mencakup pemikiran suatu organisasi/lembaga/yayasan tersebut
  • Dalam setiap penerbitan mempunyai tema yang berbeda
  • Fokus dalam bidang tertentu
  • Ada yang terbit mingguan dan bulanan
  • Memiliki tema
  • Terbitnya secara berkala
  • Dalam bentuk selebaran atau majalah singkat
  • Ukurannya ada yang A4 dan ada juga yang berukuran A5
  • Ditujukan kepada pembaca yang lebih sempit yang berhubungan dengan bidang tertentu
  • Tulisan dalam buletin seringkali singkat dan padat yang mana dipakai bahasa yang formal dan banyak istilah teknis berhubungan dengan bidang tersebut
  • Desain dan ilustrasi dalam buletin bersifat formal
  • Dan juga berisikan tulisan atau artikel ilmiah, juga berisi berita-berita berhubungan dengan kegiatan ilmiah dari instansi atau asosiasi yang menerbitkan buletin tersebut.
Baca Juga:  √ Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya (Pembahasan Lengkap)

Untuk ciri-ciri khususnya, sesuai dengan masing-masing buletin yang diterbitkan, karena setiap buletin mempunyai ciri-ciri khusus yang berbeda.

Hubungan Buletin Dan Komunikasi

Menurut Oemi Abdurachman dalam buku “Dasar-Dasas Public Relations”, disebutkan bahwa salah satu tugas dari seorang humas yaitu menyelenggarakan komunikasi yang sifatnya persuasif dan informatif.

Komunikasi persuasif dan informatif bisa dilaksanakan dengan cara diantaranya dengan brosur-brosur, surat-surat dan buletin. Yang mana media tersebut bisa menyampaikan pesan kepada banyak orang dalam waktu yang singkat. Buletin merupakan terbitan berkala yang dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan terbitan berkala ini adalah salah satu media informasi yang efektif.

Itulah diatas telah dibahas tentang Pengertian Buletin, Tujuan, Fungsi, Ciri-Ciri Terlengkap semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi situs kami. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post